Inflasi Tahunan Zona Eropa Mei Naik Sejalan Dengan Perkiraan

293

Eurostat pada Kamis (16/06) melaporkan bahwa inflasi tahunan Zona Eropa naik pada Mei, sejalan dengan perkiraan sebelumnya. Indeks Harga Konsumen adalah -0.1% YoY, naik dari -0,2% YoY pada bulan April.

Tingkat inflasi tahunan negatif (deflasi) telah dialami oleh enam belas negara anggota Uni Eropa, dengan Rumania memimpin jalan di -3%, sedangkan tingkat pertumbuhan tertinggi terlihat di Belgia pada 1,6%.

euro-area-inflation-cpi (4)

Dari April sampai Mei, CPI tumbuh pada laju 0,4%, lebih cepat daripada 0,3% yang diperkirakan. Inflasi jatuh di sembilan negara anggota.

Pengupasan keluar harga pangan dan energi yang volatil, seagai Data CPI Inti adalah pada tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 0,8%, naik dari pembacaan April 0,7%. Secara bulanan angka CPI inti adalah 0,2%, dibandingkan dengan 0% sebelumnya.

Inflasi terus menjadi perjuangan yang berat jangka panjang untuk Bank Sentral Eropa, dan belum membuat kemajuan nyata dalam upaya untuk mencegah lingkungan inflasi yang rendah. Inflasi berada di wilayah deflasi selama paruh pertama 2015, tapi setelah naik pada semester kedua sejak itu melemah lagi pada tahun 2016. Bank sentral Eropa telah menyatakan ingin menunggu dan melihat pendekatan dengan kebijakan moneter saat ini sebelum membuat penyesuaian lebih lanjut.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here