Rupiah Kamis Berakhir Negatif, Mendekati Kisaran 13400

251

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Kamis (16/6), kurs rupiah yang dibuka lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya kembali berkubang di teritori negatif akibat kepanikan yang terjadi di pasar global oleh kekhawatiran Brexit  sehingga pasar memburu dollar AS, yen dan emas  sebagai safe haven.

Lemahnya gerak rupiah jelang akhir perdagangan telah menambah jumlah modal asing yang keluar dari  bursa saham  menjadi Rp9 miliar lebih. IHSG yang sempat bergerak positif diakhir perdagangan sesi pertama berakhir bergerak flat.

Lihat: IHSG 16 Juni Berakhir Flat Tertekan Pelemahan Bursa Global

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,15% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13375/US$ setelah  dibuka kuat   pada level Rp13313/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13327  dari  posisi 13398 perdagangan hari Rabu (15/06),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13394 setelah perdagangan sebelumnya 13465.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka positif  oleh ekspektasi pelemahan dollar AS   hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here