Suku Bunga Jepang Tetap, Yen Sesi Asia 16 Juni Masih Perkasa

217

Setelah bank sentral Jepang baru saja mengumumkan tidak mengubah kebijakan moneternya alias tidak mengubah juga suku bunganya, pergerakan kurs yen yang masih berjaya kuasai pasar forex semakin memperkuat posisinya khususnya melawan dollar AS. Keputusan BOE tersebut menambah  tenaga yen untuk lanjut rally di tengah perdagangan sesi Asia (16/6).

Gubernur BOE Haruhiko Kuroda memberikan alasan kuat untuk tidak mengubah kebijakan moneternya yang sudah longgar sampai hasil referendum Brexit diumumkan. BOE tidak berani putuskan kebijakannya disaat ketidak pastian apakah Inggris akan keluar dari Uni Eropa, karena keputusan inggris ini nantinya sangat mempengaruhi nasib ekonomi global berikutnya. Suku bunga BOE masih berada di kisaran negatif yaitu di -0,1%.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Asia  (03:20:35 GMT) menguat terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lemah pada  106.00 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 1,2% dan nilai pair bergulir berada pada 104,75.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam masih berpotensi rally, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya  lanjut  turun  ke kisaran  104.58-104,13. Namun jika terjadi koreksi naik  akan ke  kisaran 106,33.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here