The Fed Pertahankan Suku Bunga AS Tetap, Pangkas Proyeksi Pertumbuhan

449

The Federal Reserve mempertahankan suku bunga AS tidak berubah pada Rabu (16/06) dan mengisyaratkan masih ada rencana dua kenaikan lagi tahun ini.

Bahkan tahun ini proyeksi suku bunga kurang aman dari sebelumnya. Enam dari 17 perkiraan individu Fed dari gubernur dan presiden Fed regional memproyeksikan hanya satu kenaikan tahun ini.

“Kami sangat tidak pasti mengenai di mana tingkat sedang menuju dalam jangka panjang,” kata Ketua Fed Janet Yellen dalam konferensi pers setelah keputusan suku bunga.

Bank sentral AS menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk 2016 menjadi 2,0 persen dari 2,2 persen dan prospek untuk 2.017 menjadi 2,0 persen dari 2,1 persen.

Hal ini juga memotong pandangan jangka panjang atas tingkat suku bunga federal yang tepat seperempat poin menjadi 3 persen dan mengindikasikan akan kurang agresif dalam pengetatan kebijakan moneter setelah akhir tahun ini.

Yellen tidak memberikan petunjuk apakah kenaikan suku bunga bisa datang berikutnya pada pertemuan tingkat-pengaturan Fed pada bulan Juli, atau apakah bank sentral akan menunggu penguatan data penting menuju ke pertemuan September.

“Sementara data pasar tenaga kerja baru-baru ini mengecewakan, penting untuk tidak bereaksi berlebihan terhadap satu atau dua pembacaan bulanan,” katanya, menambahkan pekerjaan Fed diperkirakan akan menguat lebih lanjut.

Para pembuat kebijakan telah khawatir tentang potensi kelemahan di pasar tenaga kerja AS dan kemungkinan gejolak keuangan jika Inggris memberikan suara minggu depan untuk meninggalkan Uni Eropa.

Yellen mengakui “Brexit” adalah salah satu faktor dalam keputusan suku Rabu dan mengatakan keputusan Inggris apakah akan tetap atau meninggalkan Uni Eropa akan memiliki “konsekuensi untuk kondisi ekonomi dan keuangan di pasar keuangan global”.

Pasar keuangan menyisihkan peningkatan pada tahun ini setelah pernyataan Fed, dan tingkat suku bunga kontrak berjangka jangka pendek AS naik.

The Fed telah menerapkan hanya satu kenaikan tingkat dalam satu dekade dan kisaran target untuk suku bunga kredit overnight antar bank tetap antara 0,25 persen sampai 0,50 persen.

The Fed menaikkan suku bunga pada bulan Desember dan awalnya mengisyaratkan empat kemungkinan besar peningkatan untuk 2016. Kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global dan gejolak di pasar keuangan selanjutnya mengurangi jumlah menjadi dua.

Meskipun kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi global telah mereda, penurunan tajam dalam data pekerjaan AS Mei mengganggu.

Pernyataan Fed mengatakan aktivitas ekonomi tampaknya telah naik sejak April.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah melihat hampir tidak ada peluang bahwa Fed akan menaikkan suku bunga, Rabu. Kebanyakan diperkirakan untuk melakukannya pada bulan Juli atau September pada pandangan bahwa pasar kerja AS akan bangkit kembali dan referendum Uni Eropa Inggris tidak akan menyebabkan krisis keuangan.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here