Harga Kakao ICE Merosot Hampir 3 Persen Tertekan Penguatan Dollar AS

826

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan Jumat dinihari (17/06) ditutup turun. Pelemahan harga kakao tertekan penguatan dollar AS.

Dollar AS naik 0,2 persen pada $ 1,12 terhadap euro, seperti juga pasar saham dan pasar global lainnya yang tertekan kekuatiran bahwa Inggris akan memilih dalam seminggu ini untuk meninggalkan Uni Eropa, memicu perlambatan ekonomi global.

Dolar AS  juga didukung oleh petunjuk dari Federal Reserve pada Rabu bahwa mungkin ada dua kenaikan suku AS tahun ini meskipun pertumbuhan lebih lambat dari perkiraan. Dolar yang lebih kuat membuat komoditas kakao dalam harga dollar AS kurang menarik bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Lihat : Harga Kakao ICE Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak September 2016 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan pelemahan. Harga komoditas tersebut ditutup turun sebesar -90 dollar atau -2,89 persen pada posisi 3.026 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kecenderungan melemah terbatas dengan potensi penguatan dollar AS terpicu kekuatiran Brexit.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Support pada posisi 2.975 dollar. Jika level Support tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.925 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan ditembus jika terjadi penguatan ada pada 3.075 dollar dan 3.125 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here