Klaim Pengangguran AS Meningkat Minggu Lalu

254

Jumlah orang Amerika yang mengajukan aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran naik minggu lalu, tapi tetap pada tingkat yang konsisten dengan pertumbuhan lapangan kerja.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran, pendorong untuk PHK di AS, meningkat sebesar 13.000 ke penyesuaikan musiman 277.000 dalam pekan yang berakhir 11 Juni, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Kamis (17/06). Ini adalah kenaikan pertama dalam klaim sejak pekan yang berakhir 7 Mei.

united-states-jobless-claims (3)

Data pada klaim pengangguran dapat volatile dari minggu ke minggu, terutama di sekitar liburan, termasuk Memorial Day. Departemen Tenaga Kerja mengatakan tidak ada faktor khusus yang terkena angka pekan lalu. Secara penyesuaian non-musiman, California menyumbang lebih dari setengah dari total peningkatan klaim.

Pergerakan rata-rata empat minggu, yang membantu mengeluarkan pergerakan jangka pendek dalam data, turun 250 pekan lalu ke penyesuaian musiman 269.250.

Klaim pengangguran umumnya menurun karena mereka memuncak pada musim semi tahun 2009, menjelang akhir resesi. Mereka menyentuh empat dekade rendah pada bulan April, dan sebagian besar telah tetap merendah di atas level tersebut sejak. Klaim tetap di bawah 300.000 untuk 67 minggu berturut-turut, beruntun terpanjang sejak tahun 1973 – ketika tenaga kerja AS jauh lebih kecil daripada sekarang ini.

Umumnya, rendahnya tingkat klaim bertepatan dengan pasar pekerjaan berkembang. Namun, perekrutan telah melambat baru-baru ini. Pengusaha menambahkan 38.000 pekerjaan pada Mei, kenaikan terlemah sejak September 2010. Rata-rata pertumbuhan pekerjaan bulanan selama tiga bulan sebelum itu 116.000, penurunan tajam dari pertumbuhan 219.000 rata-rata bulanan lebih dari tahun sebelumnya.

Bahwa perlambatan mempekerjakan telah mengkhawatirkan para pembuat kebijakan Federal Reserve, meskipun sinyal umumnya positif lainnya dari pasar tenaga kerja, termasuk tingkat rendah klaim dan meningkatnya upah.

“Langkah perbaikan dalam pasar tenaga kerja telah melambat … Meskipun tingkat pengangguran telah menurun, keuntungan pekerjaan telah berkurang,” kata pejabat Fed Rabu dalam sebuah pernyataan mengumumkan bahwa mereka mempertahankan suku bunga acuan bank sentral stabil.

Laporan Kamis menunjukkan lanjutan klaim pengangguran, yang mencerminkan pekerja menggambarkan pengangguran selama lebih dari satu minggu, naik 45.000 ke 2.157.000 dalam pekan yang berakhir 4 Juni. Klaim lanjutan dilaporkan dengan tertinggal sepekan. Tingkat pengangguran bagi mereka ditutupi oleh asuransi pengangguran yang berdetak naik 1,6%.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here