Lagarde Angkat Bicara, Inggris Sudah Mendapatkan Banyak Keuntungan Ekonomi Dari EU

324

Managing Director IMF, Christine Lagarde memperingatkan U.K. dari risiko meninggalkan Uni Eropa dan mengatakan ada argumen ekonomi yang jelas untuk tetap menjadi bagian dari blok tersebut.

Keanggotaan Uni Eropa telah membawa lapangan pekerjaan dan keuntungan pendapatan ke Inggris dan membantu membuat negara ini memiliki “ekonomi yang dinamis dan bersemangat,” kata Lagarde dalam pidatonya di Wina, hari Jumat ini. Integrasi Eropa telah mengangkat perdagangan dan investasi dan mengangkat produktivitas dan pendapatan, katanya.

“Kami memiliki catatan bahwa risiko ekonomi dengan meninggalkan EU tegas untuk sisi negatifnya,” kata Lagarde. “Menurut pandangan saya, kasus yang jelas tentang bagaimana U.K. telah diuntungkan – dan akan terus mendapatkan keuntungan dari keanggotaannya di Uni Eropa.”

Di Inggris, kampanye referendum ditunda untuk hari kedua pada hari Jumat setelah pembunuhan anggota parlemen Buruh Jo Cox, seorang advokat untuk “Tetap.” Laporan rinci dari IMF tentang implikasi dari Brexit tertunda 24 jam.
“Ketika saya berbicara, pikiran saya, dan saya yakin pikiran kita, adalah sama dengan pikiran anggota keluarga, teman-teman dan orang-orang yang hidupnya tersentuh oleh Jo Cox,” kata Lagarde.

Kepala IMF mengatakan dia telah berdebat dengan dirinya sendiri tentang apakah perlu untuk menyebutkan referendum U.K. dalam pidatonya, setelah apa yang telah menimpa anggota parlemen Inggris.

Peringatan Lagarde menegaskan kembali pesan yang terkandung dalam laporan IMF bulan lalu yang memperingatkan Brexit dapat menyebabkan “periode berlarut-larut dalam ketidakpastian yang tinggi,” memicu volatilitas pasar keuangan dan menekan output ekonomi. Kondisi buruk ini bisa mengikis posisi London sebagai pusat keuangan dan menyebabkan anjloknya harga rumah dan ekuitas.

Mengakui bahwa pengungsi dan masalah migrant memainkan peran penting dalam perdebatan Brexit, Lagarde mendesak para pemilih Inggris tetap terbuka untuk imigran dan peran mereka dalam ekonomi dan masyarakat.

“Saya selalu mengagumi Inggris untuk keterbukaan terhadap negara lain dan budaya asing, dan saya merasa sulit untuk percaya bahwa sikap telah berubah dalam waktu singkat,” kata Lagarde. “Keanggotaan di Uni Eropa telah membuat U.K. ekonomi kaya, tetapi juga telah membuatnya menjadi negara yang lebih beragam, lebih menarik, dan lebih kreatif. Seperti di semua negara, ada orang-orang yang berjuang di lingkungan baru, tetapi untuk sebagian warga, perjuangan ini telah menjadi kisah sukses besar. “

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here