Nasib 2 Emiten Baru Pasca Pencatatan Perdana, Saham Masih Menarik

276

Pekan ini merupakan pekan yang pertama bagi  bursa saham kedatangan 2 pendatang baru sekaligus mencatatkan perdana sahamnya. 2 emiten baru tersebut bernama PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) yang listed pada tanggal 14 Juni 2016 dan PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) listed pada tanggal 16 Juni 2016.

Melihat kinerja sahamnya pasca pencatatan perdana saham mereka, hanya saham SHIP saja yang terpantau masih bergerak positif dan nilai saham meningkat signfikan dari harga penawaran awal. Pergerakan saham POWR perdagangan akhir pekan bergerak konsolidasi dan cenderung negatif oleh tekanan profi taking investor asing. Sebaliknya saham SHIP bergerak positif oleh intervensi modal investor asing yang cukup tipis dikarenakan banyak juga yang melakukan profit taking.

Nilai saham POWR  hanya naik sekitar 0,2 persen dari harga penawaran saat IPO, dan untuk jumlah saham yang sudah diperdagangkan hingga sesi terakhir hari ini sudah diperdagangkan sekitar 260 juta saham.

Nilai saham SHIP sudah naik  sekitar 24 persen dari harga penawaran saat IPO, dan untuk jumlah saham yang sudah diperdagangkan hingga sesi terakhir hari ini sudah diperdagangkan sekitar 90 juta saham.

Dari pergerakan kedua saham pekan ini, minat investasi terhadap emiten baru masih cukup menarik khusunya bagi investor asing.  Dan diantara kedua emiten yang lebih menarik investor yaitu saham POWR yang saat listing perdana diserbu banyak modal asing.

Lens Hu/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here