Bursa Eropa Melonjak Lebih 2 Persen Terdorong Meredanya Kekuatiran Brexit

262

Bursa Saham Eropa naik pada awal perdagangan Senin (20/06) terpicu meredanya kekuatiran Brexit, penguatan harga minyak dan bursa Asia.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.143,41, naik 122,32 poin atau 2,03%

Indeks DAX berada pada posisi 9.894,19, naik 262,83 poin atau 2,73%

Indeks CAC berada pada posisi 4.302,23, naik 108,40 poin atau 2,58%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.605,40, naik 243,40 poin atau 2,91%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 2,6 persen. Pasar global bereaksi positif terhadap beberapa jajak pendapat selama akhir pekan yang menunjukkan bahwa kampanye “tetap” mendapatkan kembali momentum menjelang referendum tentang keanggotaan Uni Eropa pada hari Kamis.

Lihat : Bursa Eropa Akhir Pekan Naik, Mingguan Turun 2 Persen Tertekan Kekuatiran Brexit

Opini publik tampaknya telah berubah sejak tewasnya aktifis pro-Uni Eropa dari Partai Buruh Jo Cox Kamis lalu yang menyebabkan penghentian kampanye oleh kedua belah pihak. Namun, lembaga survei mengklaim bahwa insiden tewas tersebut telah berdampak kecil terhadap sentimen dan kampanye “tetap” selalu mungkin untuk mendapatkan dukungan dalam beberapa hari terakhir berjalan hingga penetapan suara. Kampanye sekarang telah aktif kembali.

Poundsterling Inggris telah naik sebagai kekhawatiran Brexit telah mereda, mencapai $ 1,4568 di sesi perdagangan Eropa pada hari Senin, dibandingkan dengan tingkat sekitar $ 1,40 pada hari Kamis. Harga minyak juga memperpanjang keuntungan pada hari Senin, sebagian karena dolar AS melemah dan kekhawatiran Brexit berkurang.

Meskipun reli Senin, analis mengatakan langkah lebih lanjut dalam jajak pendapat Brexit bisa menyebabkan pergerakan lebih cepat di pasar.

“Pasar pasti akan bergerak lagi dalam beberapa hari ke depan karena setiap pergeseran posisi yang memicu reaksi berlebihan, tidak hanya untuk sterling tetapi untuk sentimen risiko yang lebih luas,” Kit Juckes, kepala global strategi FX di Societe Generale, mengatakan dalam sebuah catatan.

Pasar saham Asia juga sebagian besar lebih tinggi pada hari Senin, dimana indeks-indeks utama kawasan Asia berakhir di zona positif.

Sektor perbankan naik sekitar 4 persen dan memimpin kenaikan di Eropa didorong oleh rally pada saham pemberi pinjaman Italia.

Banca Popolare di Milano (BPM) melonjak hampir 8 persen setelah mengatakan sedang mencari apakah akan mengurangi sahamnya di manajer aset Anima Holding atau meluncurkan pengambilalihan penuh dari perusahaan bersama Poste Italiane. Komentar itu muncul dalam menanggapi regulator Italia Consob mengatakan bahwa saham gabungan BPM dan Poste Italiane di Anima melebihi 25 persen, yang berarti mereka harus meluncurkan tawaran pengambilalihan wajib di bawah aturan otoritas.

Saham Unicredit juga naik tajam setelah koran Italia Il Fatto Quotidiano melaporkan bahwa mantan menteri industri Italia Corrado Passera bisa menjadi kepala eksekutif baru.

Dalam berita saham individu, saham Volkswagen lebih dari 5 persen lebih tinggi setelah JPMorgan menaikkan target harga untuk saham.

Raksasa farmasi Roche mengumumkan ketersediaan alat untuk membantu para profesional medis mendeteksi virus Zika. Saham lebih tinggi di dukung berita tersebut.

Di tempat lain, meredanya kekuatiran Brexit juga membantu bank-bank U.K. dengan Barclays, Royal Bank of Scotland dan Lloyds, semua di wilayah positif. Dan pembangun rumah Inggris Taylor Wimpey dan Berkeley Grup antara lain berada di zona positif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan bergerak positif terdorong meredanya kekuatiran Brexit.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here