Ekonomi Jerman Kuartal Kedua Diperkirakan Meningkat

310

Ekonomi Jerman memiliki awal yang baik untuk kuartal kedua dan kemajuan yang kemungkinan akan berlanjut meskipun pada kecepatan yang lebih lambat dibandingkan tiga bulan pertama tahun ini, Departemen Keuangan Jerman menyatakan Senin (20/06).

Ekonomi terbesar di Eropa tersebut tumbuh 0,7 persen antara Januari dan Maret, tingkat kuartalan terkuat dalam dua tahun, dengan melonjaknya konsumsi swasta, investasi bangunan yang lebih tinggi dan belanja negara pada migran lebih dari mengimbangi perdagangan luar negeri yang lemah.

Pemerintah memperkirakan permintaan domestik untuk mendorong ekspansi ekonomi secara keseluruhan dari 1,7 persen pada tahun 2016, setara dengan tahun lalu.

“Ekonomi Jerman memiliki awal yang baik untuk kuartal kedua,” kata kementerian itu dalam laporan bulanan. “Indikator ekonomi secara keseluruhan menunjukkan kelanjutan dari kemajuan ekonomi, meskipun pada kecepatan kurang dinamis daripada di awal tahun.”

Meningkatnya pasar kerja, upah lebih tinggi dan tingkat suku bunga rendah mendorong daya beli konsumen Jerman, kata kementerian itu, menambahkan: “. Secara keseluruhan, kondisi untuk konsumsi swasta tetap baik”

Akibat permintaan domestik yang kuat mendorong pendapatan pajak negara, dengan pendapatan keseluruhan naik hampir 6 persen pada tahun ini dalam lima bulan pertama 2016, kata kementerian keuangan.

Pendapatan pajak naik yang memungkinkan Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble untuk meningkatkan belanja negara pada migran dan infrastruktur sekaligus menjaga anggaran yang seimbang.

Beralih ke perdagangan luar negeri, kementerian itu mengatakan ekspor masih tumbuh berkat permintaan yang kuat dari negara-negara Uni Eropa yang bantalan efek dari melemahnya permintaan dari pasar negara berkembang seperti Tiongkok, Brasil dan Rusia.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here