Kekuatan Rupiah Senin Pagi Berusaha Tinggalkan Kisaran 13300

250

Memantau pergerakan kurs rupiah pada perdagangan pasar spot valas dan juga antar bank awal pekan,  rupiah Senin (20/06)  terus  bergerak positif setelah diawal perdagangan dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya. Berlanjut lemahnya fundamental dollar AS  awal pekan membuat permintaan kurs emerging market termasuk rupiah meningkat, dan disisi lain BI juga mengangkat kurs jisdor rupiah.

Lihat: Dollar AS Sedang Tidak Laku, Kekuatannya Dicuri

Namun kekuatan rupiah pagi ini  belum  berhasil meyakinkan investor  untuk memperbanyak   aksi beli saham yang cukup besar di bursa saham, akibatnya terbentuk  net sell Rp9 miliar lebih. Aksi asing ini masih belum mampu mendongkrak IHSG yang sedang bergerak turun ke area negatif dan sebelum berita ini disampaikan turun 0,1% ke  posisi 4832.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,55% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13265/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13278/US$.  Namun untuk  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  menguat ke  13260  dari  posisi 13358 perdagangan hari Jumat (17/06).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat hingga akhir perdagangan  oleh proyeksi pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13287  resistance  13252.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here