GGRM Bagi Dividen Lebih Banyak Dari 3 Tahun Terakhir, Saham Tertinggi Sepekan

218

Mengakhiri perdagangan saham hari kedua pekan ini sesi pertama, saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM)   yang dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya semakin melesat menuju posisi harian tertinggi dalam 6 hari perdagangan meskipun terpantau investor asing lakukan profit taking. Pemberian pembagian dividen yang lumayan besar dibandingkan 3 tahun terakhir mendorong investor lokal memburu saham ini.

GGRM akan bagikan dividen senilai Rp2.600 per saham atau sebesar  Rp5 triliun kepada pemegang saham pada bulan depan, sedangkan 3 tahun terakhir perseroan membagikan dividen dengan nilai yang sama yaitu Rp800 per saham atau sebesar Rp1,5 triliun. Dividen diambil dari laba tahun 2015 yang diperoleh sebanyak  Rp6,45 triliun, yang meningkat 19 persen dari laba tahun sebelumnya.

Menilik kinerja keuangan kuartal terakhir,  GGRM berhasil mendapatkan keuntungan atau laba bersih lebih banyak dari laba bersih kuartal yang sama tahun 2015. GGRM untung sebesar  Rp1,69 triliun  sedangkan tahun 2015 hanya Rp1,28 triliun. Mantapnya kinerja selama 3 bulan pertama tersebut disupport oleh bertambahnya pendapatan yang dicapai perseroan.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Selasa (21/6), saham GGRM dibuka  pada posisi 63500 dan penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 63400. Saham  menguat lebih dari  4 persen  lebih  dengan volume perdagangan saham sudah   mencapai 17 ribu  lot  saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham GGRM perdagangan sebelumnya menguat dengan indikator MA  bergerak naik    dan  indikator Stochastic konsolidasi di area jenuh jualnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik   dengan  +DI yang  bergerak turun   menunjukan pergerakan GGRM menguat terbatas.  Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading hari ini pada target level support di level 63500 hingga target resistance di level 67250.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here