Indeks Shanghai 21 Juni Begerak Positif Setelah Meredanya Kekuatiran Brexit

512
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (21/06), Indeks Shanghai bergerak naik turun, saat ini terpantau naik 8,14 poin atau 0,28 persen pada 2896.95. Penguatan Indeks Shanghai terdorong meredanya kekuatiran Brexit.

Lihat : Bursa Shanghai 20 Juni Berakhir Flat, Kekuatiran Ekonomi Domestik Membayangi

Spekulasi bahwa pemilih Inggris bisa memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dalam referendum pada Kamis mendatang yang menguat psds pekan lalu mulai menurun. Dua jajak pendapat akhir pekan menunjukkan suara “Tetap” di uni Eropa merebut kembali posisi terdepan. Jajak pendapat Bookmakers telah menunjukkan keinginan mereka yang ingin tinggal di Uni Eropa lebih banyak, juga jajak pendapat Betfair menempatkan probabilitas dari suara untuk “Tetap” menjadi 72 persen pada Senin, naik dari 60-67 persen dari Jumat.

Data perumahan Tiongkok juga mencatatkan kenaikan, namun kenaikan harga rumah di kota-kota terbesar di Tiongkok menunjukkan tanda-tanda berkurang pada Mei, dan kenaikan tajam tampaknya menyebar ke kota-kota yang lebih kecil, membuat pekerjaan pembuat kebijakan sulit karena mereka harus mendukung perekonomian yang goyah tanpa meningkatkan gelembung pasar perumahan.

Pemulihan di pasar properti Tiongkok sejak akhir tahun lalu telah menjadi titik terang langka di ekonomi terbesar kedua di dunia ini, yang telah melambat di tengah melemahnya permintaan di dalam dan di luar negeri, penurunan investasi dan berlebihnya kapasitas industri.

Rata-rata harga rumah baru di 70 kota besar naik 6,9 persen bulan lalu dari tahun lalu, percepatan dari kenaikan 6,2 persen bulan April, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data dari Biro Statistik Nasional (NBS) pada hari Sabtu.

Lihat : Harga Rumah Baru Tiongkok April Meningkat, Kenaikan Tinggi di Kota Lapis Dua dan Tiga

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan meredanya kekautiran Brexit, namun masih dibayangi kekuatiran ekonomi Tiongkok dan masih dinantikannya stimulus yang diberikan pemerintah Beijing untuk penguatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2787-2686 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2989-3098.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here