Optimisme Ekonomi Jerman Juni Melonjak Tertinggi 10 Bulan

347

Suasana optimis di antara analis dan investor Jerman meningkat tak terduga pada Juni, mencerminkan keyakinan mereka dalam ketahanan ekonomi terbesar Eropa ini meskipun latar belakang ekonomi global yang tidak menentu, sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga think tank ZEW menunjukkan Selasa (21/06).

ZEW yang berbasis di Mannheim mengatakan survei bulanan menunjukkan kenaikan indeks sentimen ekonomi untuk 19,2 poin pada bulan Juni dari 6,4 bulan sebelumnya. Itu dibandingkan dengan perkiraan konsensus Reuters untuk penurunan ke 4,7.

germany-zew-economic-sentiment-index (3)

Sebuah pengukur terpisah dari kondisi saat ini naik menjadi 54,5 poin dari 53,1 pada bulan Mei. Perkiraan konsensus Reuters adalah untuk pembacaan 53,0.

ZEW mengatakan kenaikan sentimen mencerminkan ketahanan ekonomi Jerman. “Peningkatan sentimen ekonomi menunjukkan bahwa ahli pasar keuangan memiliki keyakinan dalam ketahanan ekonomi Jerman,” kata Presiden ZEW Achim Wambach dalam sebuah pernyataan.

“Namun, kondisi ekonomi secara umum tetap menantang. Terlepas dari dinamika ekonomi global yang lemah, hal ini terutama referendum Uni Eropa di Inggris Raya yang menyebabkan ketidakpastian,” tambahnya.

Indeks ZEW didasarkan pada survei terhadap 202 analis dan investor yang dilakukan tanggal 06-20 Juni.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here