Akhir Bursa Hong Kong 22 Juni Terangkat Harapan Bremain dan Pidato Yellen

390
indeks hang seng

Pada penutupan perdagangan Rabu (22/06), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup naik 126,68 poin, atau 0,61 persen, ke 20795.12. Penguatan indeks Hang Seng merupakan kenaikan empat hari berturut-turut terdorong harapan investor untuk Inggris memilih untuk tetap tinggal di Uni Eropa minggu ini, sementara nada hati-hati Ketua Federal Reserve Janet Yellen pada kenaikan suku bunga di masa depan juga memberikan sentimen positif.

Lihat : Indeks Hang Seng 22 Juni Bergerak Turun Mencermati Perkembangan Brexit

Risk appetite di pasar global dibantu oleh jajak pendapat dalam beberapa hari terakhir yang menunjukkan meningkatnya momentum untuk kubu “Tetap” atau Bremain menjelang referendum 23 Juni besok terkait kepastian keanggotaan Inggris di Uni Eropa.

Kemampuan Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga tahun ini mungkin bergantung pada rebound dalam pasar kerja yang akan meyakinkan para pembuat kebijakan ekonomi AS, demikian Ketua Fed Janet Yellen mengatakan kepada anggota parlemen pada Selasa (21/06).

Dalam pidato di depan Kongres yang menyatakan optimisme umum tentang ekonomi dan penurunan  risiko resesi, Yellen mengatakan Fed akan berhati-hati tentang kenaikan suku bunga sampai terlihat jelas pasar kerja meningkat.

Lihat : Pidato Yellen : Kenaikan Suku Bunga Tergantung Pasar Kerja dan Brexit; Kenaikan Juli Mustahil

Pada akhir perdagangan bursa Hong Kong, semua sektor utama naik, dengan sektor IT dan energi memimpin kenaikan.

Indeks kelas berat Tencent Holdings Ltd naik 2,1 persen, setelah kelompok game terbesar di Tiongkok mengatakan akan membeli saham mayoritas di ‘Clash of Clans’ pembuat mobile game Supercell untuk memperluas kepentingan di luar negeri.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng naik 257 poin atau 1,26% pada  20,732.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 20,475.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng berpotensi menguat terbatas dengan meredanya kekuatiran Brexit. Namun akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah serta kekuatiran Tiongkok yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 20.246-19.785 dan kisaran Resistance 21.213-21.711.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here