Lemahnya Rupiah Rabu Pagi Hanya Sementara

255

Memantau pergerakan kurs rupiah pada perdagangan pasar spot valas dan juga antar bank hari ketiga pekan ini,  rupiah Rabu (22/06) bergerak lemah setelah dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya. Pelemahan rupiah merespon lonjakan dollar AS diakhir perdagangan semalam, namun berpotensi kuat kembali oleh koreksi dollar. Lemahnya rupiah pagi ini juga sejalan dengan pelemahan kurs yang dilakukan BI.

Lihat: Dollar AS Sesi Asia 22 Juni Tidak Mampu Kuat Lagi

Namun pelemahan  rupiah pagi ini  tidak menghambat semangat investor asing  melakukan aksi beli saham yang cukup besar di bursa saham, sehingga terbentuk  net buy  Rp48 miliar lebih. Aksi asing ini berhasil mengangkat IHSG naik 0,2 persen ke posisi 4888.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,14% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13286/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13279/US$.  Namun untuk  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  melemah ke  13298  dari  posisi 13286 perdagangan hari Selasa (21/06).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan  sekalipun dollar sedang lemah, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13308  resistance  13274.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here