Proyeksi PDB Korea Selatan Stabil, Pemulihan Ekspor Semester Kedua

372

Ekonomi Korea Selatan diperkirakan akan tumbuh pada tingkat yang sama tahun ini pada pemulihan ekspor di babak kedua. Fasilitas investasi akan mencatat pertumbuhan negatif, menurut sebuah think tank ekonomi terkemuka Korea Selatan.

Korea Institute for Industrial Economics and Trade merilis proyeksi ekonomi dan industri untuk 2016 pada Rabu (22/06) yang memproyeksikan produk domestik bruto pada semester pertama tahun ini sebesar 2,9 persen dan babak kedua di 2,3 persen, rata-rata angka pertumbuhan 2,6 persen untuk keseluruhan tahun, sama dengan tingkat yang dilaporkan tahun lalu.

Konsumsi swasta akan meningkat 2,1 persen sementara investasi konstruksi akan memperluas 4,7 persen, naik dari tahun lalu 3,9 persen.

Fasilitas investasi akan menurun 1,6 persen tahun ini, memburuk dari kenaikan 5,3 persen tahun lalu.

“Konsumsi swasta akan meningkat berkat daya beli ditingkatkan di belakang harga minyak yang rendah dan paket stimulus pemerintah. Tapi utang rumah tangga dan restrukturisasi dapat mencegah pertumbuhan, “menurut lembaga think tank tersebut.

Ekspor diperkirakan mencatat US $ 239.4 miliar di babak pertama dan US $ 255 miliar di babak kedua, total sebesar US $ 494.4 miliar, turun 6,1 persen dari tahun sebelumnya, karena perlambatan di Tiongkok dan penurunan permintaan dari negara-negara berkembang.

Tingkat impor akan membukukan US $ 401.5 miliar, turun 8 persen dari tahun lalu.

Lembaga tersebut juga memperkirakan harga minyak global untuk mencapai $ 40,4 per barel tahun ini, sedangkan rata-rata kurs won / dolar AS akan berada di ₩ 1191.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here