Aktifitas Sektor Manufaktur dan Jasa Zona Eropa Juni Melambat

285

Data awal yang diterbitkan oleh Markit menunjukkan ekonomi zona euro melambat sedikit selama bulan Juni. Indeks PMI Markit Composite, yang menggabungkan sektor manufaktur dan jasa, beringsut lebih rendah menjadi 52,8 dari 53,1 pada bulan Mei. Ini adalah terburuk sejak Januari 2015. Perkiraan konsensus analis adalah 53,1, menurut jajak pendapat Thomson Reuters.

Pertumbuhan terus dalam kegiatan bisnis Jerman, sementara memperlambat sedikit, itu dimentahkan oleh penurunan kecil di Perancis untuk pertama kalinya dalam empat bulan. Sisa dari zona euro tumbuh pada kecepatan yang sedikit lebih lambat dari yang tercatat di Jerman.

euro-area-composite-pmi (3)

Data Markit Jerman awal pagi ini dicampur. PMI Layanan jatuh ke 53,2 pada Juni dari 55,2 pada Mei, sedangkan PMI Manufaktur naik ke 54,4 dari 52,1. Hal ini mengakibatkan sedikit penurunan di PMI Composite menjadi 54,1 dari 54,5. Data Perancis adalah semua lebih buruk dari yang diharapkan dan menunjukkan sedikit kontraksi. PMI Jasa adalah 49,9, Manufacturing PMI 47,9, menciptakan PMI komposit 49,4.

Sektor jasa kehilangan momentum lebih lanjut dalam kegiatan usaha selama bulan Juni, mencapai rendah 18-bulan. The Eurozone Services Business Activity Index jatuh ke 52,4 dari nilai indeks Mei 53,3, dan di bawah perkiraan analis 53,4.

Mengimbangi beberapa kelemahan yang dialami di sektor jasa, adalah pendakian ke enam bulan di bidang manufaktur. Indeks PMI Manufacturing naik ke 52,6 dari 51,5 bulan lalu. Angka ini juga di atas perkiraan analis rata-rata 51,5.

Chris Williamson, Kepala Ekonom Markit mengatakan, “Juni ini titik data survei untuk menenangkan meskipun pertumbuhan ekonomi mengecewakan. Meningkatnya ketidakpastian politik tampaknya telah menyebabkan laju ekspansi untuk melemah sedikit dan kepercayaan bisnis tentang prospek memburuk.”

Fokus utama pada investor dalam 24 jam ke depan adalah hasil dari refrendum Inggris, yang jika terjadi  ‘Brexit’, diperkirakan akan menyebabkan lonjakan tajam dalam volatilitas di pasar keuangan, terutama di Eropa.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here