Bursa Eropa Bergerak Positif Menantikan Hasil Referendum Inggris

245

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Kamis (23/06) dengan investor mencermati referendum Inggris yang dilaksanakan hari ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,48 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.308,86, naik 47,67 poin atau 0,76%

Indeks DAX berada pada posisi 10.163,62, naik 92,56 poin atau 0,92%

Indeks CAC berada pada posisi 4.422,31, naik 42,28 poin atau 0,97%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.746,90, naik 44,90 poin atau 0,52%

Pasar tampak optimis menjelang referendum Inggris untuk keanggotaan Uni Eropa, meskipun jajak pendapat menjelang pemungutan suara masih ketat antara kubu Brexit dan kubu Bremain.

Jajak pendapat terbaru oleh ComRes, yang dilakukan untuk surat kabar Daily Mail dan televisi ITV, dan YouGov untuk The Times surat kabar di London, menunjukkan peningkatan pada menit terakhir dalam jumlah pemilih mendukung suara tetap di Uni Eropa.

Pound naik ke tertinggi enam bulan terhadap dolar setelah jajak pendapat, menyentuh $ 1,4847. Itu diperdagangkan pada $ 1,4793 sekitar 5:30 waktu London.

Voting akan berlangsung pada 7:00-22:00 waktu London, dan setelah suara telah dihitung di seluruh 12 wilayah, hasilnya bisa diumumkan dari pukul 3:00 waktu setempat dan seterusnya.

Investor lebih berhati-hati di Asia, di mana saham yang diperdagangkan mixed pada Kamis, menyusul kerugian di saham AS dan karena pasar berhati-hati menjelang referendum Inggris Raya.

Sektor perbankan menjadi fokus bagi investor pada hari Rabu. Di Italia, Banco Popolare mengatakan telah mengangkat 1 miliar euro ($ 1,1 milyar) yang diperlukan untuk menyelesaikan merger dengan Banca Popolare di Milano, mengirimkan saham di kedua pemberi pinjaman yang lebih tinggi.

Saham Unicredit yang agak lebih tinggi sebagai pencarian CEO baru terus dilakukan. La Repubblica melaporkan bahwa Fabio Innocenzi, kepala UBS di Italia, adalah calon potensial.

Saham Deutsche Bank yang sedikit lebih tinggi setelah mencapai kesepakatan dengan dewan bekerja Jerman untuk menutup hampir seperempat dari cabang-cabangnya di Jerman, Reuters melaporkan.

Saham RBS berada di zona positif setelah dilaporkan bahwa pemberi pinjaman telah menerima tawaran untuk bisnis keuangan kapal Yunani.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa (ECB) mengenakan sanksi terhadap bank Portugis BPI untuk eksposur ke Angola sebagai Spanyol Caixabank terlihat untuk mengambil saham mayoritas di pemberi pinjaman. Caixabank sekarang memiliki empat bulan untuk menyelesaikan masalah BPI dan menyelesaikan tawaran untuk pemberi pinjaman. Saham Caixabank lebih rendah.

Swedia Nordea melemah tajam setelah JPMorgan memangkas target harga untuk saham.

Di tempat lain, bank-bank Yunani telah mendapat bantuan ECB, yang memungkinkan kreditur Yunani untuk mengakses operasi pendanaan. Ini berarti bahwa bank-bank Yunani akan segera dapat mengakses dana murah ECB lagi, setelah kehilangan akses yang tahun lalu.

Sementara itu, Tesco melaporkan penjualan toko yang sama di Inggris Raya naik 0,3 persen pada kuartal pertama fiskal, mengirimkan saham di supermarket raksasa menjadi naik tinggi. Berita positif dari Tesco juga mengangkat saham ritel lainnya termasuk Ocado dan rival jaringan supermarket WM Morrison.

Saham utilitas Jerman RWE rally setelah Barclays menaikkan target harga untuk saham, sementara E. ON juga di zona positif setelah bank menaikkan proyeksi pada saham perusahaan dari “bobot yang sama” menjadi “overweight”.

Saham pertambangan juga mendapat dorongan pada hari Kamis dengan Glencore memimpin jalan. Dan Arcelor Mittal lebih tinggi setelah JPMorgan menaikkan target harga untuk saham.

Di depan data, Indeks Markit ini (PMI) untuk Juni untuk Perancis jatuh ke 49,4 dari 50,9 pada bulan Mei, menunjukkan aktivitas bisnis jatuh di negara ini.

Dan indeks pembelian manajer (PMI) flash untuk zona euro menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di zona euro 19-negara jatuh ke 52,8 pada Juni dari angka revisi 53,1 pada Mei, menurut Markit.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif mencermati jajak pendapat terkait referendum 23 Juni yang memberikan hasil optimis, dan jika hasil referendum menetapkan Inggris tetap di Uni Eropa akan menguatkan bursa Eropa.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here