Investasi Asing Pasar Keuangan Jepang Negatif

237

Investasi asing di pasar keuangan Jepang turun pekan lalu, menurut data arus modal baru yang diterbitkan oleh Departemen Keuangan Jepang, Kamis (23/06).

Investor asing menjual bersih saham senilai ¥ 231.1 miliar dalam pekan yang berakhir 17 Juni, data pemerintah menunjukkan. Investasi asing di saham Jepang mencapai ¥ 128.3 miliar pada minggu sebelumnya.

japan-foreign-stock-investment (1)

Investor asing juga menjual bersih obligasi senilai ¥ 457.7 miliar pekan lalu, menyusul total investasi minggu sebelumnya ¥ 867.8 miliar.

japan-foreign-bond-investment (1)

Yen telah mereda tertinggi baru-baru terhadap dolar AS setelah Menteri Keuangan Taro Aso memperingatkan spekulator tentang “pergerakan sepihak” dalam mata uang Jepang. Aso telah berulang kali mengatakan pemerintahnya siap untuk campur tangan di pasar untuk mengekang spekulasi dalam mata uang nasional.

Meskipun penurunan, yen Jepang terus diperdagangkan dekat level tertinggi dua tahun terhadap dolar. Nilai tukar dolar-yen diperdagangkan di pasar terbuka terakhir turun 0,1% pada 105,7215. pasangan rebound 0,8% pada hari Rabu.

Pasangan USD / JPY telah menurun hampir 5% selama bulan lalu dan 13% sejak awal tahun ini. lonjakan yen telah dikacaukan Bank (BoJ) upaya Jepang untuk merangsang ekonomi, yang terus terperosok dalam deflasi dan pertumbuhan yang lemah.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here