Jelang Lebaran ANTM Pangkas Biaya Operasional, Sahamnya Konsolidasi

280

Sejak awal perdagangan saham hari Kamis (23/6) pergerakan harga saham  PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alami konsolidasi hingga jelang penutupan sesi pertama siang ini. Secara mingguan pergerakan konsolidasi sudah dimulai dari awal pekan dan perdagangan hari Rabu (22/6) saham di posisi zona hijau.

Secara fundamental saham emiten tambang ini masih cukup kuat menopang pergerakan sahamnya dilihat dari kinerja keuangan terakhir yang berhasil raup keuntungan setelah kuartal sebelumnya merugi.

Perseroan yang baru mengahbiskan biaya  eksplorasi bulan Mei sebesar Rp1,5 miliar atau lebih tinggi   dari biaya bulan sebelumnya yang hanya Rp1,23 miliar, ternyata sedang melakukan efisiensi biaya operasionalnya. Hingga bulan Mei lalu hasil efisiensi ANTM  terhadap biaya operasionalnya mencapai Rp8,041 miliar atau 26  persen lebih dari target.

Untuk pergerakan harga sahamnya pada lantai bursa perdagangan saham Kamis (23/6) saham ANTM dibuka pada level 730 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 740. Hari ini  volume perdagangan saham mencapai 171 ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ANTM  perdagangan sebelumnya alami penguatan  dengan indikator MA  masih  bergerak naik moderat namun  indikator Stochastic konsolidasi di area tengahnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan posisi +DI bergerak turun  yang menunjukan pergerakan ANTM konsolidasi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading hingga akhir pekan  pada target level support di level 730 dan level resistance di 765.

Lens Hu/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here