Rupiah Kamis Curi Kekuatan Dollar AS Yang Sedang Terpukul

225

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Kamis (23/6), kurs rupiah berhasil bertahan di zona hijau setelah dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya.  Lemahnya kekuatan dollar terhadap banyak rival utamanya membuat kurs kawasan Asia mendapatkan kekuatan melawan dollar AS menyambut referendum Brexit yang diadakan di Inggris.

Pergerakan negatif  rupiah sepanjang hari tidak membuat investor asing kurangi setoran modalnya ke bursa saham,  justru semakin bertambah sejak pagi dan terbentuk  net buy sebesar Rp357 miliar lebih. IHSG yang bergerak positif sejak awal perdagangan  berhasil juga ditutup kuat, IHSG bertahan di zona hijau dengan penguatan   o,4%.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,26% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13248/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13251/US$. Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13265  dari  posisi 13298 perdagangan hari Rabu (22/06), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13331 setelah perdagangan sebelumnya 13364.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  oleh ekspektasi kelanjutan pelemahan dollar AS   hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here