Sentimen Bisnis Tiongkok Juni Rebound

330

Indikator MNI Tiongkok untuk bulan Juni melonjak, menunjukkan rebound sentimen bisnis sebagai pelonggaran kebijakan dalam pendahuluan kuartal kedua 2016 mendorong sentimen.

The MNI China Business Sentiment Indicator naik 9 persen menjadi 54,5 pada Juni dari 50,0 pada Mei, meninggalkannya di tertinggi sejak Oktober 2015. Kenaikan meninggalkan keyakinan rata-rata selama Q2 di 51,7, sedikit lebih baik dari 50,7 di Q1.

china-mni-business-sentiment

Selain produksi terbaru, sentimen hanya telah di atas batas 50 poin dua kali tahun ini, meskipun hasil Juni tidak meninggalkannya berjalan lebih dari 5 persen lebih tinggi dari rata-rata selama 12 bulan terakhir.

Selanjutnya, produksi menurun 2 persen pada bulan ini menjadi 54,7 sementara pesanan baru berhasil naik 0,7 persen menjadi 55,0. Sebaliknya, suku bunga yang dibayar perusahaan, jatuh, meninggalkan ‘Interest Rates Paid Indicator’ kembali di tingkat historis rendah mencapai awal tahun di 37,9.

Selain itu, Indikator Pekerjaan turun 2,5 persen menjadi 50,6 pada Juni, sementara ‘Harapan Masa Depan untuk Pekerjaan’ turun 2,2 persen menjadi 49,5. Meskipun penilaian ulang kebutuhan tenaga kerja, banyak perusahaan merasa bahwa kondisi bisnis secara keseluruhan akan membaik dalam tiga bulan ke depan, dengan indikator ‘Harapan Masa Depan’ naik 6,8 persen menjadi 58,3.

Sementara itu, setelah mengambil jauh sejak paruh kedua tahun 2015, indikator ‘Ketersediaan Kredit’ jatuh kembali 3,6 persen menjadi 50,5. Hal yang lebih baik dari kredit dan kenaikan penguatan harga yang diterima mengimbangi kemunduran di bidang Produksi dan meninggalkan indikator ‘Posisi Keuangan’ naik 1,8 persen pada 51,3.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here