Yen Jepang 24 Juni Menjadi Salah Satu Kurs Yang Untung Besar Merespon Brexit

242

Pergerakan nilai tukar yen Jepang pada perdagangan forex sesi Eropa Jumat (24/6) melesat cukup kuat melawan dollar AS hingga naik ke posisi tertinggi dalam 3 tahun. Kondisi pasar keuangan yang kondusif merespon hasil referendum di Inggris menjadi penyebab pasar memburu kurs safe haven, pelaku pasar panik melihat kondisi tersebut sehingga mengamankan portofolio investasinya.

Referendum yang berlangsung selama 4 jam di Inggris pada hari Kamis (23/6) akhirnya menghasilkan  suara untuk Brexit atau Inggris keluar dari Uni Eropa lebih unggul 52 persen versus 48 persen suara Bremain atau Inggris tidak keluar.  Lebih buruknya lagi dampak dari hasil referendum ini membuat PM Inggris mundur.

Lihat: Brexit Terjadi, Inggris Tinggalkan Uni Eropa; Cameron Akan Mundur Oktober

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa  (11:10:35 GMT) menguat terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka tinggi  pada  106.12 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 4% dan nilai pair bergulir berada pada 102,48.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam masih berpotensi menguat, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya  lanjut  turun ke kisaran  98.75-96.37. Namun jika terjadi koreksi, pair dapat naik   kembali ke kisaran 106,95-107,32.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here