IHSG 27 Juni Sesi 1 Tertekan Profit Taking Investor Asing

301

Memasuki sesi 1 perdagangan IHSG Senin (27/06), IHSG turun -18,37 poin atau -0,38% pada 4816,20. Pelemahan IHSG terdorong aksi profit taking investor asing terpicu kekuatiran Brexit.

Inggris telah memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa, memaksa pengunduran diri Perdana Menteri David Cameron, menjadi pukulan terbesar untuk proyek kesatuan Eropa yang lebih besar sejak Perang Dunia II.

Pasar keuangan global jatuh karena hasil dari referendum Kamis menunjukkan suara Brexit unggul 52 persen versus 48 persen suara Bremain.

Pound jatuh lebih dari 10 persen terhadap dolar ke level yang terakhir terlihat pada tahun 1985, terbesar satu hari jatuh dalam sejarah, di tengah kekhawatiran keputusan bisa memukul investasi dalam perekonomian terbesar kelima di dunia, mengancam peran London sebagai ibukota keuangan global dan mengantar bulan ketidakpastian politik.

Lihat : Brexit Terjadi, Inggris Tinggalkan Uni Eropa; Cameron Akan Mundur Oktober

IHSG siang ini tertekan oleh semua 8 sektor yang berada di zona merah, dengan pelemahan tertinggi pada sektor Aneka Indusri yang turun sebesar -1,03%. Pada sesi 1 siang ini tercatat 88 saham menguat, sedangkan 167 saham melemah. Sampai siang ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 4,35 miliar saham dengan nilai mencapai 3,09 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 179.213 kali.

Siang ini aksi profit taking investor asing terjadi. Terpantau siang ini dana asing yang keluar pasar modal mencapai Rp. 124,44 triliun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi melemah tertekan aksi profit taking lanjutan akibat kekuatiran Brexit. Namun diharapkan adanya optimisme ekonomi Indonesia yang dapat menguatkan bursa Indonesia. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4786-4757, dan kisaran Resistance 4847-4880.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here