Rupiah Awal Pekan Berakhir Kuat

331

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Senin (27/6), kurs rupiah berhasil bertahan di zona hijau setelah dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya. Penguatan Rupiah terus berlanjut hingga sore ini dipicu optimisme Bank Indonesia akan ketahanan ekonomi Indonesia menghadapi Brexit.

Terkait dampak Brexit tersebut, Bank Indonesia meyakini ketahanan ekonomi Indonesia mampu menjaga perekonomian domestik dari dampak hasil referendum di Inggris, dampak tersebut relatif terbatas pada perekonomian domestik, baik di pasar keuangan maupun kegiatan perdagangan dan investasi.

Lihat : Bank Indonesia : Dampak Brexit Terbatas bagi Ekonomi Indonesia

Pergerakan positif rupiah sore ini membuat investor asing menambahkan setoran modalnya ke bursa saham,  sehingga membukukan net buy sebesar Rp577 miliar lebih. IHSG yang bergerak positif sejak siang tadi berhasil ditutup kuat.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,30% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13351/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13391/US$.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  oleh ekspektasi optimisme ekonomi Indonesia.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here