Harga Emas Anjlok Setelah Naik Dua Hari Terbesar Dalam Lebih Dari Tujuh Tahun

233

Emas turun setelah membukukan keuntungan dua hari terbesar dalam lebih dari tujuh tahun setelah hasil referendum yang menginginkan Inggris Raya keluar dari Uni Eropa.

Harga emas untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,6 persen menjadi $ 1,316.32 per ounce dan diperdagangkan di harga $ 1,317.73 pada pukuk 11:26 di Singapura. Logam ini melonjak 5,4 persen dalam dua hari terakhir perdagangan, terbesar sejak Januari 2009.

Emas rally ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun pada hari Jumat setelah shock akibat Brexit menyebabkan lonjakan permintaan untuk aset haven.

The Bloomberg Dollar Index, yang melacak mata uang terhadap mata uang utama, rally 0,9 persen pada hari Senin sebelum jatuh 0,4 persen pada Selasa. Investor Jim Rogers mengatakan pada hari Senin bahwa mata uang AS membuat surga lebih baik dari emas setelah hasil referendum Brexit.

Saham Asia mengalami penurunan pada Selasa di tengah prospek paket stimulus di Jepang dan Korea Selatan. Sementara harga emas turun, minyak dan logam dasar rally, dengan tembaga naik sebanyak 1,4 persen di London.
Emas dengan kemurnian 99,99 persen turun 0,1 persen ke harga 282,49 yuan per gram ($ 1,321.60 per ounce) di Shanghai Emas Exchange.

Perak di harga spot turun 0,6 persen, platinum naik 0,1 persen dan paladium menguat 0,4 persen.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here