Laba Perusahaan Industri Tiongkok Mei Menurun

309

Laba perusahaan industri besar Tiongkok naik 3,7 persen tahun ke tahun di bulan Mei, turun 0,5 persen lebih rendah dari kenaikan yang tercatat pada bulan April, data resmi menunjukkan Senin (27/06)

Keuntungan perusahaan industri dengan pendapatan tahunan lebih dari 20 juta yuan (sekitar 3,1 juta dolar AS) mencapai 537 miliar yuan bulan lalu, Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan.

Dari Januari sampai Mei, keuntungan dari perusahaan-perusahaan naik tahun 6,4 persen pada tahunan, sedikit lebih rendah dari kenaikan yang tercatat dalam empat bulan pertama.

Dia Ping, seorang pejabat Departemen Perindustrian NBS, menyatakan pertumbuhan lebih lambat disebabkan pertumbuhan lebih ringan dari penjualan dan profitabilitas yang lebih lemah dari sektor termasuk petrokimia pengolahan, elektronik dan tembakau.

Pada bulan Mei, pendapatan penjualan bisnis meningkat 19,7 persen dari tahun lalu, menandai mundur dari 36,5 poin persentase.

Sementara itu, rebound harga minyak memangkas keuntungan dari prosesor minyak. Penurunan produksi tembakau mengakibatkan penghasilan produsen tembakau kurang dari sebelumnya.

Dalam lima bulan pertama, keuntungan BUMN turun 7,3 persen, sedangkan perusahaan investasi asing meningkat 6 persen. keuntungan bisnis pribadi naik 9,4 persen.

PDB China tumbuh pada kuartal pertama sebesar 6,7 persen, pembacaan terendah sejak krisis keuangan global pada awal 2009.

Otoritas keuangan telah memperkirakan bahwa ekonomi Tiongkok akan mengikuti jalur berbentuk L sebagai tekanan ke bawah menimbang dan momentum pertumbuhan baru belum naik.

Para ekonom telah memperingatkan ledakan investasi tidak akan bertahan, dan belanja konsumen telah menunjukkan risiko. Pertumbuhan upah tertinggal pertumbuhan PDB, dan ekspor tidak akan keluar dari bawah sampai paruh kedua 2017.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here