Optimisme Konsumen Korea Selatan Juni Stabil

280

Keyakinan konsumen Korea Selatan tidak berubah pada bulan Juni setelah merosot ke level terendah tiga bulan di bulan sebelumnya pada peningkatan ketidakpastian dalam ekonomi global, demikian data bank sentral Selasa (28/06).

Indeks sentimen konsumen datang ke 99 untuk Juni, tidak berubah dari bulan sebelumnya, menurut data dari Bank of Korea.

Angka di atas 100 berarti optimistis melebihi yang pesimistis, sementara angka di bawah benchmark berarti sebaliknya. Sentimen konsumen tetap lamban sejak awal tahun ini di tengah kemerosotan berkepanjangan di ekonomi terbesar keempat di Asia.

Ekspor Korea ini telah turun setiap bulan sejak awal tahun lalu, sementara kenaikan harga konsumen juga tetap pada atau di bawah 1 persen, jauh dari target tahunan 2 persen yang ditetapkan oleh bank sentral.

Pada bulan Juni, sentimen konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan masa depan lebih memburuk dengan indeks untuk kedua kategori kehilangan masing-masing 2 poin dari bulan sebelumnya, masing-masing menjadi 68 dan 78.

Sentimen masyarakat terhadap kerja sedikit membaik, dengan indeks yang mengukur sentimen mereka terhadap kesempatan kerja datang ke 75 pada bulan Juni, naik dari 74 pada bulan sebelumnya, menurut BOK.

Laporan bulanan didasarkan pada survei terhadap sekitar 2.200 rumah tangga di seluruh negeri.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here