Akhir Bursa Shanghai 29 Juni Naik Terpicu Pernyataan Stabilnya Yuan

263
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (29/06), indeks Shanghai berakhir naik 19,96 poin, atau 0,69 persen, ke 2932.51. Penguatan indeks Shanghai terdorong pernyataan Bank Sentral Tiongkok menegaskan stabilisasi Yuan.

Lihat : Indeks Shanghai 28 Juni Tertekan Penurunan Keuntungan Perusahaan Industri

Kekhawatiran tumbuh bahwa Beijing mungkin mempertimbangkan mendevaluasi mata uang lagi setelah Brexit.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pekan ini, BoA Merrill Lynch Global Research mengatakan, pihaknya memperkirakan penyusutan yuan untuk dipercepat, yang bisa memicu arus keluar modal lebih, berpotensi memperketat kondisi keuangan.

Namun Bank Rakyat China telah menegaskan yuan tetap stabil terhadap sekeranjang mata uang, meskipun depresiasi ke terendah lima dan setengah tahun setelah Inggris meninggalkan Uni Eropa. Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Sina Weibo, Selasa, Bank sentral China mengatakan akan mempertahankan mekanisme saat menentukan nilai tukar mata uang itu.

Pada akhir perdagangan Sebagian besar sektor naik, dengan sektor infrastruktur dan industri memimpin keuntungan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak menguat dengan meredanya kekuatiran Brexit dan optimisme ekonomi pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2810-2709 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3051-3184.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here