Bursa Eropa Rally Dengan Meredanya Kekuatiran Brexit

247

Bursa Saham Eropa rally pada perdagangan Rabu (29/06), dengan meredanya kekuatiran Brexit, dimana pasar global menyadari bahwa perubahan status quo di Uni Eropa (EU) setelah Brexit tidak mungkin berubah dalam jangka pendek.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 1,33 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.253,99, naik 113,60 poin atau 1,85%

Indeks DAX berada pada posisi 9.568,62, naik 121,34 poin atau 1,28%

Indeks CAC berada pada posisi 4.162,29, naik 73,44 poin atau 1,80%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 7.995,70, naik 160,70 poin atau 2,05%

Rally pasar Eropa terus terjadi dari Selasa, setelah dua hari penurunan karena ketidakpastian atas hubungan U.K. dan Uni Eropa di masa depan setelah mayoritas publik Inggris sebagai Kamis lalu meninggalkan blok tersebut.

Perdana Menteri David Cameron (yang mengundurkan diri setelah pemungutan suara Brexit) bertemu dengan rekan-rekan Eropa di Brussels pada hari Selasa untuk membahas posisi negara. Suasan dilaporkan menjadi “serius namun konstruktif”. Tekanan diaplikasikan pada U.K. untuk menerapkan Pasal 50 yang menetapkan dalam gerak proses menarik diri dari Uni Eropa.

Kepala dari 27 negara lain anggota Uni Eropa akan melanjutkan pertemuan mereka pada Rabu tanpa kehadiran Inggris Raya.

Tapi politisi Inggris Raya telah mengatakan bahwa Pasal 50 – hukum utama yang akan memulai keluarnya Inggris dari Uni Eropa – tidak akan terburu-buru, membantu mendorong pasar lebih tinggi.

Meskipun pasar Eropa lebih tinggi, pada analis mengatakan bahwa “pertumbuhan global biasa-biasa saja” dan krisis politik Eropa berarti ketidakpastian akan berjalan terus, dan itu saham tidak mungkin akan terus lintasan ke atas mereka.

Sektor perbankan – yang telah tergerus dalam beberapa bulan terakhir, diperdagangkan lebih tinggi, meskipun beberapa berita negatif untuk sektor ini.

Moody mengubah pandangan terhadap 12 bank berbasis U.K. Selasa, setelah referendum negara pada keanggotaan Uni Eropa. Delapan dari 12 bank, termasuk Barclays, HSBC, Santander UK dan TSB Bank, yang diturunkan menjadi negatif dari stabil. Saham Barclays dan HSBC yang lebih tinggi.

Beberapa bank Italia berada di antara top gainers setelah Perdana Menteri Italia Matteo Renzi mengatakan ia berbicara dengan lembaga-lembaga Eropa tentang bagaimana mendukung pemberi pinjaman negara itu, dan laporan pada hari Selasa menyatakan bahwa uang pemerintah bisa disuntikkan ke dalam perusahaan. Bank Italia dibebani dengan jumlah besar kredit macet dan kekhawatiran atas perlambatan ekonomi Eropa bisa memukul pemberi pinjaman yang paling sulit. Intesa Sanpaolo, Mediobanca dan Unicredit semua rally.

Dalam berita lain, setidaknya 36 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam apa yang tampaknya menjadi serangan teror terkoordinasi di Istanbul Ataturk Airport, bandara terbesar di Turki.

Sejumlah saham wisata termasuk Tui, pemilik Airways British IAG dan Thomas Cook yang diperdagangkan lebih rendah sebagai hasilnya.

Dalam berita saham individu, saham Prudential berada di zona positif setelah Barclays mengatakan perusahaan itu sebagai salah satu perusahaan kapital besar yang tumbuh di industri asuransi Eropa.

Dan saham Amec Foster Wheeler meningkat tajam setelah perusahaan mengumumkan £ 75 juta kontrak lima tahun dengan Kementerian Pertahanan UK untuk memasok independen keselamatan propulsi nuklir dan saran teknis untuk armada kapal selam Royal Navy.

Saham Perancis Alstom juga lebih tinggi setelah Goldman Sachs menaikkan proyeksi pada saham untuk “membeli” dari “netral”.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan meredanya kekuatiran Brexit dan penguatan bursa global.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here