IHSG 29 Juni Sesi 1 Menuju Level 5000, Raih 800 Miliar Dana Asing

296

Memasuki sesi 1 perdagangan IHSG Rabu (29/06), IHSG melonjak 68,82 poin atau 1,39% pada 4950,19. Penguatan IHSG terdorong penguatan Rupiah yang dipicu disahkannya UU Tax Amnesty oleh DPR. Kenaikan IHSG juga didukung penguatan bursa global dan meredanya kekuatiran Brexit.

Siang ini terpantau Rupiah menguat terhadap dollar AS. Pasangan mata uang USDIDR melemah 0,10 persen pada 13,175.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengampunan Pajak atau “tax amnesty”  menjadi undang-undang. Pengesahan dilakukan dalam Sidang Paripurna DPR pada Selasa (28/06) di Jakarta.

Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, seperti yang dilansir dalam website Kementerian Keuangan, pengesahan RUU tentang tax amnesty menjadi UU ini diyakini akan mengurangi maraknya aktivitas perpajakan dalam negeri yang belum/tidak dilaporkan. Pengesahan ini sekaligus menjadi momentum reformasi perpajakan yang komprehensif menuju sistem yang berkeadilan, berkepastian hukum, dan kepastian data yang valid, komprehensif, dan terintegrasi.

Menteri Keuangan juga mengatakan, dia berharap beberapa modal saat diparkir di luar negeri akan “sekarang memasuki sistem keuangan Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi.”

Lihat : DPR Sahkan UU Tax Amnesty, Harapan Mengangkat Pertumbuhan Ekonomi

Bursa Saham AS ditutup lebih dari 1,5 persen lebih tinggi pada akhir perdagangan hari Selasa di AS, terangkat oleh kenaikan harga minyak mentah. Kenaikan juga didukung dengan mulai meredanya kekuatiran Brexit. Indeks Dow Jones ditutup naik 1,57 persen, di 17,409.72, dengan kenaikan tertinggi saham Travelers. Indeks S & P 500 ditutup naik 1,78 persen, pada 2,036.09, dengan sektor energi memimpin semua sektor yang lebih tinggi. Indeks Nasdaq ditutup naik 2,12 persen, pada 4,691.87.

Lihat :Bursa Wall Street Terangkat Kenaikan Minyak Mentah

Bursa Eropa semalam juga berakhir di zona positif dengan meredanya kekuatiran Brexit.

Sementara itu bursa Asia pagi ini juga dibuka naik. Semua indeks utama kawasan Asia berada di zona hijau.

IHSG siang ini terdukung oleh semua sektor yang berada di zona hijau, dengan penguatan tertinggi pada sektor Indusri Dasar yang naik 2,22%. Pada sesi 1 siang ini tercatat 199 saham menguat, sedangkan 87 saham melemah. Sampai siang ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 4,70 miliar saham dengan nilai mencapai 10,30 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 139.844 kali.

Lihat : IHSG 29 Juni Dibuka Naik Terdukung Pengesahan UU Tax Amnesty

Siang ini aksi beli saham investor asing terus terjadi. Terpantau siang ini dana asing yang masuk pasar modal mencapai Rp. 856,26 triliun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi menguat terbatas terdukung aksi beli saham lanjutan dengan penguatan Rupiah dan penguatan bursa global. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4919-4887, dan kisaran Resistance 4980-5013.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here