Optimisme Ekonomi Zona Eropa Juni Merosot

318

Optimisme Ekonomi Zona Eropa turun pada bulan Juni sebagai keuntungan industri tertekan dengan optimisme lebih sedikit di antara perusahaan jasa dan konsumen, sementara ekspektasi inflasi naik, demikian data dari Komisi Eropa menunjukkan pada hari Rabu (29/06).

Sentimen ekonomi di 19 negara anggota Zona Eropa jatuh ke 104,4 bulan ini dari revisi 104,6 ke bawah pada bulan Mei, melawan konsensus pasar dari pembacaan 104,7.

Semua data dikumpulkan sebelum hasil referendum Inggris, kata Komisi Eropa.

Penurunan ini disebabkan penurunan optimisme di kalangan konsumen dan manajer di jasa, ritel dan konstruksi. Kepercayaan di sektor industri sedikit meningkat.

Secara terpisah, indeks iklim bisnis Komisi, yang menunjuk ke fase dari siklus bisnis, merosot ke 0,22 di bulan Juni dari 0,26 pada bulan Mei. Prakiraan pasar adalah untuk pembacaan berubah.

Harapan konsumen dari tren harga selama 12 bulan ke depan naik untuk bulan ketiga berturut-turut menjadi 5,1 pada Juni dari 3,4 pada bulan Mei, meskipun mereka tetap jauh di bawah rata-rata jangka panjang 19,2.

Harapan perusahaan ‘dari perkembangan harga produsen juga naik untuk bulan keempat berturut-turut menjadi 0,7 dari -0,7 di bulan Mei, data positif pertama sejak Oktober 2014 dan level tertinggi sejak Januari 2014, meskipun masih di bawah rata-rata jangka panjang 4,8.

Bank Sentral Eropa hati-hati mencermati ekspektasi inflasi dalam keputusan kebijakan moneter. Bank ini bertujuan untuk inflasi di zona euro berada di bawah, tapi dekat dengan 2 persen, dalam jangka menengah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here