Optimisme Konsumen Jerman Naik Tertinggi 11 Bulan

264

Optimisme konsumen Jerman mencapai level tertinggi dalam hampir satu tahun menuju ke Juli, sebuah survei menunjukkan pada hari Rabu (29/06), yang menunjukkan bahwa konsumsi swasta akan terus mendorong pertumbuhan di negara ekonomi terbesar Eropa tersebut.

Hasil kerja yang tinggi, meningkatnya upah riil dan biaya pinjaman ultra-rendah meningkatkan daya beli Jerman, membuat permintaan domestik menggerakkan pertumbuhan.

Indikator GfK sentimen konsumen, berdasarkan survei dari sekitar 2.000 orang Jerman, naik ke 10,1 untuk ke depannya di bulan Juli, dari 9,8 bulan sebelumnya, mengalahkan perkiraan konsensus ekonom Reuters untuk tetap tidak berubah.

germany-consumer-confidence (3)

GfK mengatakan survei, yang dilakukan antara 27 Mei dan 10 Juni juga menemukan bahwa harapan untuk ekonomi naik untuk bulan ketiga berturut-turut, menjadi 18,0 dari 8,3 bulan sebelumnya.

Namun, tanggal survei berarti hasil tidak memasukkan hasil suara Inggris pada 23 Juni untuk meninggalkan Uni Eropa.

Konsumen lebih optimis tentang pendapatan mereka untuk tahun depan, dengan indeks ekspektasi penghasilan meningkat hampir delapan poin menjadi 59,6 – tingkat rekor tertinggi.

Kemauan untuk membeli memburuk sedikit ke 54,4, setelah mencapai level tertinggi dalam setahun pada bulan sebelumnya.

Ekonomi Jerman diperluas sebesar 1,7 persen pada tahun 2015, tingkat terkuat dalam empat tahun, didorong oleh melonjaknya konsumsi swasta dan belanja negara yang lebih tinggi pada pengungsi. Hal ini diperkirakan akan tumbuh sekitar jumlah yang sama tahun ini.

Menurut GfK, perubahan satu poin dalam indikator sesuai dengan perubahan tahun-ke-tahun dari 0,1 persen dalam konsumsi pribadi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here