Pasar Asia Pasifik Terus Mencari Keseimbangannya, Emas Naik

207

MSCI Asia Pacific Index naik paling baik dalam seminggu dan kini telah pulih sekitar 40 persen dari kerugian yang tercatat sejak orang Inggris memutuskan untuk keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Indeks saham AS dan Inggris mulai naik, demikian juga dengan minyak mentah yang naik di atas $ 48 per barel. Emas naik menuju tertinggi dua tahun, sementara sebagian besar logam industri malah turun. Pound melemah terhadap semua G-10 rekan-rekan, setelah rally dari level terendah 31-tahun pada hari Selasa.

MSCI Asia Pacific Index naik 1,4 persen pada 11:00 waktu Tokyo. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan hari ini bahwa dia akan mengerahkan semua tindakan yang mungkin untuk membelokkan efek negatif dari apa yang disebut Brexit.

Kontrak pada Indeks S & P 500 naik 0,1 persen setelah patokan AS melonjak 1,8 persen pada sesi terakhir, kinerja terbaik dalam hampir empat bulan. Kontrak pada U.K. FTSE 100 naik 1,1 persen setelah indeks rebound 2,6 persen pada Selasa.

Mata Uang

Pound kembali tergelincir 0,2 persen menjadi $ 1,3313 sementara euro melemah 0,1 persen.
Yen menguat 0,3 persen menjadi 102,47 per dolar setelah turun 0,7 persen pada Selasa. The Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak greenback terhadap 10 mata uang utama, sedikit menguat setelah mundur 0,5 persen pada sesi terakhir.

Lira Turki sedikit melemah ke level 2,9055 per dolar setelah penguatan 1,2 persen di sesi terakhir. Pembom bunuh diri menewaskan sedikitnya 36 orang di bandara internasional utama Istanbul Selasa, dan lebih dari 140 orang dikatakan telah terluka.

Komoditas

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,9 persen menjadi $ 48,30 per barel. Persediaan minyak AS turun 3,86 juta barel pekan lalu, American Petroleum Institute melaporkan, menjelang data pemerintah yang akan dikeluarkan pada hari Rabu ini.
Emas naik 0,6 persen, setelah tergelincir 1 persen sesi terakhir.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here