Rupiah Rabu Pagi Lanjutkan Penguatan

359

Memantau pergerakan kurs rupiah pada perdagangan pasar spot valas dan juga antar bank hari ketiga pekan ini,  rupiah Rabu (29/06) bergerak kuat setelah dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya. Pergerakan  rupiah yang positif  pagi ini terdorong disahkannya UU Tax Amensty oleh DPR RI yang memberikan harapan penguatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengampunan Pajak atau “tax amnesty”  menjadi undang-undang. Pengesahan dilakukan dalam Sidang Paripurna DPR pada Selasa (28/06) di Jakarta.

Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, seperti yang dilansir dalam website Kementerian Keuangan, pengesahan RUU tentang tax amnesty menjadi UU ini diyakini akan mengurangi maraknya aktivitas perpajakan dalam negeri yang belum/tidak dilaporkan. Pengesahan ini sekaligus menjadi momentum reformasi perpajakan yang komprehensif menuju sistem yang berkeadilan, berkepastian hukum, dan kepastian data yang valid, komprehensif, dan terintegrasi.

Menteri Keuangan juga mengatakan, dia berharap beberapa modal saat diparkir di luar negeri akan “sekarang memasuki sistem keuangan Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi.”

Lihat : DPR Sahkan UU Tax Amnesty, Harapan Mengangkat Pertumbuhan Ekonomi

Penguatan rupiah juga didorong oleh kondisi dollar AS yang melemah dengan meredanya kekuatiran Brexit.

Penguatan  rupiah pagi ini  mendorong investor asing  melakukan aksi beli saham yang cukup besar di bursa saham, sehingga terbentuk  net buy  Rp. 177,32 miliar miliar lebih beberapa menit setelah pasar dibuka. Aksi beli saham asing ini turut mengangkat  IHSG yang menguat.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi kenaikan 0,30% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13148/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13188/US$.  Demikian  untuk  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  menguat ke  13166  dari  posisi 13256 perdagangan hari Selasa (28/06).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat hingga akhir perdagangan  terdukung pelemahan dollar AS, sehingga diperkirakan rupiah bergerak di level support di 13283 dan level resistance 13093.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here