Bursa Eropa 30 Juni Bergerak Mixed

299

Bursa Saham Eropa bergerak mixed pada perdagangan Kamis, sebagai rebound terlihat pada saham U.K. setelah meredanya kekuatiran Brexit dan penurunan baru dalam harga minyak membatasi keuntungan di pasar.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 datang dari posisi terendah sesi perdagangan sekitar datar.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.361,93, naik 1,87 poin atau 0,03%

Indeks DAX berada pada posisi 9.594,56, turun -17,71 poin atau -0,18%

Indeks CAC berada pada posisi 4.201,22, naik 5.90 poin atau 0,14%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.084,40, turun -20,90 poin atau -0,26%

Meskipun ketidakpastian hubungan masa depan U.K. dan Uni Eropa, pasar di wilayah Eropa rally pada Selasa dan Rabu.

Namun, tanda-tanda bahwa rally mulai melambat menunjukkan di beberapa pasar pada hari Kamis. Melihat mata uang, euro turun terhadap dolar, sterling dan yen, sedangkan pound Inggris goyah dalam perdagangan, namun tetap sedikit naik terhadap dolar, di $ 1,346.

Investor diperkirakan berada di tepi hari ini, karena mencermati pidato Gubernur Bank of England Mark Carney pada 16:00 waktu London, ketika ia diharapkan untuk mengatasi kekhawatiran atas keputusan U.K. untuk meninggalkan Uni Eropa.

Sementara itu, harga minyak baik Bent dan minyak mentah AS masing-masing jatuh lebih dari 1 persen pada Kamis, karena prospek produksi Nigeria membaik. Brent dan WTI AS yang melayang sekitar $ 50 dan $ 49,45 masing-masing. Harga logam mixed secara keseluruhan, dengan perdagangan sumber daya dasar sedikit lebih tinggi. Saham Anglo American dan BHP Billiton membalikkan kerugian tajam awal mereka, untuk perdagangan yang lebih tinggi.

Meskipun perdagangan campuran di Eropa, saham-saham di Asia sebagian besar lebih tinggi setelah sesi positif di Wall Street, di mana Dow Jones Industrial Average ditutup naik hampir 285 poin dalam persentase kenaikan terbaik sejak 1 Maret.

Terkait Brexit, kepala 27 negara anggota Uni Eropa bertemu pada hari Rabu tanpa U.K. untuk membahas langkah selanjutnya blok menyusul referendum. Dalam sebuah pernyataan oleh Donald Tusk, Presiden Dewan Eropa, ia mengatakan ada “diskusi tenang dan serius ” tentang konsekuensi dari suara dan menegaskan bahwa tidak akan ada negosiasi dengan Inggris pada setiap hubungan masa depan sampai negara secara tersebut secara resmi memberitahu Uni Eropa terkait keinginannya untuk menarik diri.

Sementara itu, Menteri Utama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan pada hari Rabu ia diberi “simpatik” sidang di Brussels mana dia membuat cara untuk menjaga Skotlandia di Uni Eropa, Reuters melaporkan.

Dalam berita saham individu, Deutsche Bank turun lebih dari 4 persen pada awal perdagangan Eropa.

Di tempat lain di sektor perbankan, Unicredit tenggelam ke dasar tolok ukur Eropa dan diskors selama awal perdagangan, saat ini turun lebih dari 3 persen, setelah UBS dan Morgan Stanley memangkas target harga mereka terhadap saham. Bank Italia lainnya termasuk Intesa Sanpaolo, BMPS dan UBI Banca juga melemah tajam setelah menerima pemotongan target harga dari pemberi pinjaman terkemuka.

Di tempat lain, Monsanto telah meminta Bayer untuk meningkatkan tawaran pengambilalihan, dilaporkan menuntut tambahan $ 10 sampai $ 15 per saham, menurut sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya yang dikutip oleh harian bisnis Jerman Handelsblatt. Saham Bayer tergelincir lebih dari 1 persen.

Weir Grup muncul lebih dari 4 persen karena HSBC menaikkan target harga pada saham. Perusahaan teknik juga mengumumkan bahwa chief operating officer mundur dari dewan pada akhir September.

Royal Mail, Tate & Lyle, ICAP dan Porsche semua turun lebih dari 2,5 persen, dengan saham perdagangan ex-dividen pada Kamis, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak dan Wall Street serta saham perbankan untuk pergerakan selanjutnya.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here