IHSG 30 Juni Berakhir Naik, Tarik 1,7 Triliun Dana Asing

420

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan Kamis (29/06) berakhir naik 0,73 persen pada 5016.65. Indeks LQ 45 ditutup naik 0,59 persen pada 860,72. Penguatan IHSG terdorong aksi beli saham investor dengan menguatnya optimisme ekonomi Indonesia.

Optimisme ekonomi Indonesia datang dengan disahkannya UU Tax Amensty oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam Sidang Paripurna DPR pada Selasa (28/06) di Jakarta.

Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, seperti yang dilansir dalam website Kementerian Keuangan, pengesahan RUU tentang tax amnesty menjadi UU ini diyakini akan mengurangi maraknya aktivitas perpajakan dalam negeri yang belum/tidak dilaporkan. Pengesahan ini sekaligus menjadi momentum reformasi perpajakan yang komprehensif menuju sistem yang berkeadilan, berkepastian hukum, dan kepastian data yang valid, komprehensif, dan terintegrasi.

Menteri Keuangan juga mengatakan, dia berharap beberapa modal saat diparkir di luar negeri akan “sekarang memasuki sistem keuangan Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi.”

Lihat : DPR Sahkan UU Tax Amnesty, Harapan Mengangkat Pertumbuhan Ekonomi

Diharapkan dengan adanya UU Tax Amnesty dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

IHSG sore ini terdukung oleh semua sektor yang positif, dengan penguatan tertinggi pada sektor Aneka Industri yang melonjak 2,47%. Pada akhir perdagangan sore ini tercatat 210 saham menguat, sedangkan 115 saham melemah. Sampai sore ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 7,66 miliar saham dengan nilai mencapai 8,51 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 289.808 kali.

Lihat : IHSG 30 Juni Sesi 1 Lewati Level 5000, Raih 600 Miliar Dana Asing

Aksi beli saham investor asing terus berlanjut sore ini. Terpantau sore ini dana asing yang masuk pasar modal mencapai Rp. 1,74 triliun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan perdagangan IHSG selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan optimisme ekonomi Indonesia setelah disahkannya UU Tax Amnesty. Namun perlu diwaspadai aksi profit taking memanfaatkan kenaikan IHSG empat hari ini. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4984-4951, dan kisaran Resistance 5048-5081.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here