Preview: Initial Jobless Claims AS

476

Jumlah pengajuan klaim baru untuk tunjangan pengangguran Amerika pada minggu lalu menurun ke hampir 43 tahun terendah di 259.000, sementara para ekonom memperkirakan kenaikan menjadi 271.000, menunjukkan pasar employment tetap tangguh meskipun terjadi perlambatan dalam perekrutan selama bulan Mei.

Update belakangan ini dari pengajuan pengangguran yang baru menunjukkan bahwa perlambatan yang tajam dalam pertumbuhan pekerjaan di bulan Mei akan mengalami pemulihan dalam taraf tertentu di laporan employment bulan Juni. Semua mata akan memandang kepada update mingguan dari klaim pengangguran pada malam hari in yang diperkirakan akan merupakan kabar yang bagus.

Walaupun klaim pengangguran diperkirakan akan naik sebanyak 7000 menjadi 266.000, menurut perkiraan konsensus dari Econoday.com, itu masih merupakan angka yang rendah dalam beberapa dekade. Jika perkiraan kebanyakan orang adalah benar, laporan pada hari ini akan mendukung pandangan bahwa kekuatiran akan penurunan di dalam pertumbuhan pekerjaan pada bulan lalu adalah hanya peristiwa sekali saja.

Kepala ekonomi keuangan di Jefferies pada minggu lalu dalam pembicaraan mengenai data klaim pengangguran mengatakan,”data ini melanjutkan penunjukkan mengenai pasar tenaga kerja yang terus menjadi sangat baik. Data pasar tenaga kerja mingguan sekarang ini tidak sesuai dengan data pasar tenaga kerja bulanan, tetapi saya memperkirakan pada beberapa bulan kedepan kita akan melihat kembali ke tren di dalam payrolls”.

Angka pada malam hari ini diperkirakan tidak akan keluar dari pandangan diatas. Tentu saja, dengan iklim sekarang ini, dengan kekejutan Brexit masih menggema diseluruh dunia, hal ini akan menjadi waktu yang tidak baik bagi kenaikan di dalam klaim pengangguran.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here