Deflasi Jepang Melebar Bulan Mei

270

Harga konsumen Jepang turun 0,4 persen pada Mei dari tahun sebelumnya karena penurunan harga energi, menandai penurunan terbesar dalam lebih dari tiga tahun, kata pemerintah Jepang Jumat (01/07).

Indeks harga konsumen inti (CPI), yang mencakup produk minyak tapi tidak termasuk harga makanan segar yang mudah menguap, berdiri di 103,0 melawan 100 basis 2010 , Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi mengatakan.

japan-inflation-cpi (2)

Kejatuhan yang menyusul penurunan 0,3 persen bulan sebelumnya, sebagian besar didorong terus oleh menurunnya harga energi, yang jatuh 12,6 persen dari tahun sebelumnya, dengan harga bensin turun 16,1 persen dan biaya listrik bergeser 9,6 persen.

Ini menandai penurunan terbesar sejak April 2013 ketika angka juga turun 0,4 persen, meskipun upaya Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk mendongkrak harga konsumen.

CPI inti untuk Tokyo 23 bulan Mei, dilihat sebagai indikator harga nasional, turun 0,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 101,6, menurun untuk bulan keenam.

Sebuah laporan terpisah dari kementerian menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran rumah tangga bulanan pada Mei juga turun untuk bulan ketiga berturut-turut oleh disesuaikan dengan inflasi 1,1 persen dari tahun sebelumnya.

Dengan tujuan Bank of Japan menaikkan tingkat inflasi 2 persen lebih jauh, spekulasi pasar atas perluasan pelonggaran kebijakan moneter telah meningkat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here