Indeks Shanghai 1 Juli Bergerak Positif Terdukung Harapan Stimulus Beijing

406

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (01/07), Indeks Shanghai bergerak positif, saat ini terpantau naik 5,34 poin atau 0,18 persen pada 2934.95. Penguatan Indeks Shanghai terpicu menguatnya harapan stimulus setelah pertumbuhan manufaktur Tiongkok bulan Juni stagnan.

Lihat : Bursa Shanghai 30 Juni Turun Tipis; Bulanan Naik Tipis 0,4 Persen

Pertumbuhan di sektor manufaktur Tiongkok stagnan pada bulan Juni, demikian survei resmi pemerintah Tiongkok menunjukkan pada hari Jumat (01/07), menambah harapan bahwa Beijing harus memperluas stimulus segera untuk meningkatkan perekonomian yang lesu.

Indeks Pembelian Manajer resmi (PMI) bergeser ke 50,0 pada bulan Juni, dibandingkan dengan 50,1 pada bulan Mei dan tepat pada tanda 50-point yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pembacaan akan turun ke 50,0, terendah empat bulan.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Juni Stagnan, Sektor Jasa Kuat; Harapan Stimulus Beijing Menguat

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak positif terpicu harapan stimulus pemerintah Tiongkok untuk penguatan ekonomi. Namun sentimen kekuatiran ekonomi Tiongkok masih membayangi. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2802-2693 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3044-3184.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here