Pergerakan Pasar Asia Pasifik Menuju Kinerja Terbaik Sepekan

335

Stoxx 600 Index Eropa naik 0,5 persen, bergerak menuju penghapusan seluruh kerugian akibat Brexit  demikian juga dengan bursa-bursa saham di Asia menuju pekan terbaik sejak April.

Imbal hasil obligasi negara dari Spanyol sampai ke Jepang jatuh ke level terendah sepanjang masa di tengah optimisme bahwa para pembuat kebijakan akan bertindak untuk membatasi dampak Brexit. Yuan memperpanjang pelemahannya terhadap greenback setelah indeks swasta industri manufaktur Tiongkok secara tak terduga turun. Yen dikupas penurunan mingguan. Logam naik, demikian juga dengan harga perak yang melompat ke level tertingginya sejak September 2014.

Gubernur Bank of England Mark Carney mengisyaratkan akan memangkas suku bunga dalam beberapa bulan, dan kemungkinan Federal Reserve menaikkan biaya pinjaman seperti yang direncanakan tahun ini. Taiwan memotong suku bunganya pada hari Kamis kemarin.

Saham

Sektor kendaraan mobil dan perusahaan konstruksi memimpin kenaikan pada indeks ekuitas Eropa pada 8:13 di London, sementara indeks saham patokan di U.K. ini naik 0,1 persen. MSCI Asia Pacific Index naik 0,5 persen, mencapai kenaikan sebesar 3,4 persen untuk pekan ini.

Indeks Topix naik 0,7 persen di Tokyo, sementara indeks Kospi Korea Selatan melonjak 0,9 persen. Shanghai Composite Index naik 0,1 persen.

Mata Uang

Yen naik 0,5 persen menjadi 102,68 per dolar setelah data Jepang menunjukkan harga konsumen inti turun untuk tiga bulan berturut-turut, dan pengeluaran rumah tangga juga menurun.

Won Korea Selatan melonjak untuk hari keempat, siap untuk naik 2,9 persen pekan ini, demikian juga dengan ringgit Malaysia naik, menyentuh hampir kenaikan tertinggi dalam dua bulan.

Yuan tergelincir 0,1 persen menjadi 6,6562 per dolar. Mata uang Tiongkok ini telah melemah lebih dari 3 persen pada akhir dari kuartal ini, terbesar sejak awal tahun 1994.

Komoditas

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,4 persen menjadi $ 48,53 per barel.

Tembaga untuk pengiriman tiga bulan berfluktuasi setelah data resmi PMI Tiongkok keluar. Nikel naik 1,4 persen dan seng naik 0,9 persen. Indeks London Metal Exchange, LMEX rally terbesar dalam dua tahun. Perak melonjak sebanyak 3,6 persen ke tertinggi sejak September 2014, dan emas menuju kenaikan mingguan kelima.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here