Survey Swasta Manufaktur Tiongkok Juni Merosot

339

Indeks Caixin China manufacturing purchasing managers, yang merupakan ukuran swasta aktifitas pabrik nasional, jatuh ke 48,6 pada Juni dari 49,2 pada Mei, Caixin Media Co dan perusahaan riset Markit mengatakan Jumat (01/07).

Turunnya angka menanadakan perlambatan lebih lanjut dalam aktifitas manufaktur Tiongkok dan menandai 16 bulan berturut-turut bahwa indeks telah mendekam di wilayah kontraksi. Angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi aktivitas manufaktur dari bulan sebelumnya, sedangkan membaca di atas tingkat yang menunjukkan ekspansi.

china-manufacturing-pmi (5)

Ukuran sub indeks produksi dan pesanan baru keduanya jatuh pada kecepatan yang lebih cepat di bulan Juni, kata Caixin.

“Secara keseluruhan, kondisi ekonomi pada kuartal kedua yang jauh lebih lemah dari pada kuartal pertama, yang berarti belum ada pelonggaran dari tekanan ke bawah pada pertumbuhan,”

“Dengan latar belakang lingkungan eksternal bergolak, dan untuk mencegah penurunan ekonomi yang tajam, pemerintah harus memperkuat kebijakan fiskal proaktif sambil terus mengikuti kebijakan moneter yang prudent,” demikian pernyataan Caixin.

The Caixin China Manufacturing PMI didasarkan pada data yang dikumpulkan dari balasan kuesioner bulanan yang dikirim ke pembelian eksekutif di lebih dari 400 perusahaan manufaktur.

PMI manufaktur resmi Tiongkok, ukuran saingannya, datang di 50,0 pada bulan Juni dibandingkan dengan 50,1 pada Mei, menurut data dari Biro Statistik Nasional pada hari Jumat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here