Jumlah Iklan Lowongan Kerja di Australia Terbanyak Dalam 4 Tahun

421

Pada bulan Mei lalu Australia berhasil menurunkan jumlah pengangguran di negerinya meskipun tingkat pengangguran negeri tersebut menurut laporan ABS masih sama dengan 2 periode sebelumnya. Pada bulan Mei pengangguran turun hingga 1600 orang dengan  penambahan tenaga kerja hingga 17900 pekerjaan.

Jumlah orang yang bekerja di Australia hingga akhir bulan Mei mencapai 11.930.700, yang  terlihat dari bertambahnya  jumlah iklan lowongan pekerjaan yang disurvey oleh Australia dan Selandia Baru Banking Group (ANZ Group) yang dilaporkan kepada publik hari  Senin (4/7). Sejak awal tahun 2015 iklan lowongan kerja di negeri ini  terus meningkat.

Australia Job Advertisements

Dari laporan ANZ Group tersebut tercatat penambahan iklan lowongan kerja  pada bulan Juni dari bulan Mei, iklan pekerjaan    meningkat 0,5 persen mom. Data yang dilaporkan ANZ ini merupakan angka tertinggi sejak bulan Juni 2012. Jumlah iklan pekerjaan Australia pada bulan tersebut mencapai 158 ribu  iklan, dengan rincian iklan pekerjaan via internet meningkat 0,6 persen pada bulan Juni. Namun kenaikan jumlah iklan ini lebih rendah dari periode sebelumnya yang naik 2,2 persen di bulan Mei.

Untuk jumlah iklan lowongan melalui surat kabar kontraksi -5,3 persen  setelah bulan sebelumnya turun -12,6 persen, atau terjadi peningkatan. Jika melihat jumlah iklan secara tahunan, iklan pekerjaan meningkat demikian juga sepanjang tahun ini meski sempat menurun pada bulan April. Dari laporan diatas terlihat jumlah iklan lowongan pekerjaan meningkat sehingga dipastikan jumlah pekerjaan pada bulan Juni yang akan dilaporkan pekan depan akan kembali bertambah.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here