Aussie 5 Juli Tertekan Keputusan RBA Rate Tidak Berubah

434

Setelah bank sentral Australia atau Reserve of Bank of Australia mengumumkan kebijakan moneter terkini yang bersikap tidak mengubah posisi suku bunga periode sebelumnya, posisi pergerakan kurs aussie dollar masih berada di zona merah alias negatif. Diawal perdagangan sesi Asia pair AUDUSD sudah tertekan profit taking menyambut keputusan yang sudah diduga ini, dan masuki sesi Eropa semakin terpukul.

Lihat: RBA Pertahankan Suku Bunga Australia 1,75 Persen

Selain sikap RBA ini, di sesi Asia aussie menerima sentimen negatif dari 2 data ekonomi yang sangat pengaruhi yaitu data perdagangan ritel dan neraca perdagangan bulanan Australia yang menunjukkan data yang lebih rendah dari periode sebelumnya. Tambahan pemberat dollar Australia ini yaitu posisi harga minyak mentah yang masih tertekan.

Masuki perdagangan sesi Eropa hari Selasa (5/7) harga minyak mentah masih menunjukkan posisi yang melemah di hari kedua berturut setelah sempat diakhir perdagangan pekan lalu menguat. Pelemahan hari ini dipicu oleh ketakutan pasar akan berkurangnya permintaan global akan minyak mentah yang mengancam terjadinya kelebihan pasokan.

Lihat: Rekomendasi Aussie, Selasa 5 Juli 2016

Pergerakan kurs aussie di sesi Eropa (06:40:35 GMT)   bergerak lemah terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah  pada   0.7539 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie  turun 38 pips  atau 0,4%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7501.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga   perdagangan sesi Amerika malam ini, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD lanjut turun ke kisaran  0.7477-0.7449. Namun jika terjadi koreksi  maka pair dapat naik  lagi  menuju  kisaran  0.7555-0.7583.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here