Bursa Eropa Berawal Negatif Tergerus Kekuatiran Dampak Buruk Brexit

271

Bursa Saham Eropa memperpanjang kerugian pada perdagangan hari Selasa (05/07) karena investor kembali tertekan kekuatiran Brexit dan dampaknya pada ekonomi yang lebih luas.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 1 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.491,58, turun -30,68 poin atau -0,47%

Indeks DAX berada pada posisi 9.600,21, turun -108,88 poin atau -1,12%

Indeks CAC berada pada posisi 4.194,94, turun -39,92 poin atau -0,94%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.164,00, turun -91,90 poin atau -1,11%

Di Inggris, kekuatiran Brexit muncul setelah Nigel Farage, pemimpin partai Kemerdekaan Inggris, mengumumkan pengunduran dirinya, mengatakan “ambisi politik” nya yang telah dicapai ketika U.K. meninggalkan Uni Eropa.

Lihat : Farage, Tokoh Brexit Mengundurkan Diri, Bagaimana Reaksi Pasar?

Ketidakpastian atas masa depan Inggris setelah pemungutan suara Brexit, terlihat dengan indeks Markit PMI konstruksi turun ke 46,0 pada bulan Juni, level terendah dalam tujuh tahun.

Sebuah survei YouGov / CEBR dirilis pada hari Selasa juga menunjukkan bahwa kepercayaan antara bisnis Inggris turun tajam setelah pemilihan Brexit.

Lihat : Pebisnis Inggris Pesimis Terhadap Ekonomi Inggris Setelah Brexit

Pada hari Senin S&P Global Ratings memangkas perkiraan pertumbuhan 2017 dan 2018 untuk zona euro dan Inggris. Data negatif telah memukul sentimen investor.

Sementara itu di Asia, pasar mixed pada Selasa, kemungkinan mengambil isyarat dari ekuitas Eropa, yang turun Senin di tengah kekhawatiran baru Brexit.

Indeks di Jepang dan Hong Kong diperdagangkan lebih rendah tetapi pasar Tiongkok melawan tren menyusul data sektor jasa yang positif.

Sebuah survei swasta perusahaan kecil dan menengah di Cina menunjukkan aktivitas di sektor jasa tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat di bulan Juni. Indeks Caixin Purchasing Managers ‘(PMI) untuk Juni pada 52,7, dibandingkan dengan 51,2 pada bulan Mei, menandai peningkatan tercepat dalam 11 bulan. Tingkat di atas 50 menunjukkan ekspansi.

Lihat : Pertumbuhan Sektor Jasa Tiongkok Juni Meningkat Tertinggi 11 Bulan

Bank-bank Italia menjadi fokus di tengah kekhawatiran terhadap kesehatan mereka. Banca Monte dei Paschi di Siena disuspen terbatas setelah tujuh persen jatuh di pembukaan. Setelah itu mulai diperdagangkan lagi, saham turun sekitar 4 persen. Hal ini muncul setelah Bank Sentral Eropa meminta BMPS untuk memangkas utang buruk oleh lebih dari 40 persen dalam tiga tahun, Reuters melaporkan.

Namun Unicredit diperdagangkan lebih tinggi setelah Goldman Sachs menaikkan proyeksi pada saham dari “netral” untuk “membeli”, menambahkan bahwa itu akan perlu untuk meningkatkan antara 6,7 miliar hingga 9,6 miliar euro modal ekstra untuk mendukung dan peningkatan yang umum disebut Equity Tier 1 rasio 12 persen – ukuran kekuatan keuangan bank.

Sementara itu, UBS Swiss adalah di wilayah negatif setelah menerima perintah pengungkapan dari Administrasi Pajak Federal Swiss untuk memberikan informasi berdasarkan permintaan Perancis untuk bantuan administrasi internasional dalam hal pajak. Ini menyangkut rekening UBS yang berkaitan dengan klien yang berdomisili di Perancis saat ini dan mantan berdasarkan data antara tahun 2006 dan 2008. UBS mengatakan akan “mengambil langkah-langkah hukum untuk memiliki permintaan bantuan administratif yang dievaluasi oleh Pengadilan Administratif Federal Swiss”.

Di tempat lain, dampak dari suara Brexit menekan terus, seperti Standard Life Investments menangguhkan semua perdagangan dalam dana real estate U.K. pada Senin, mengirimkan saham di Standard Life melemah tajam.

Pembangun U.K. Persimmon mencatat kenaikan 12 persen dalam pendapatan pada semester pertama tahun fiskal 2016, tetapi mengatakan terlalu dini untuk menilai efek Brexit bisa saja pada pasar real estate Inggris. Meskipun hasil positif, saham Persimmon yang melemah tajam bersama dengan housebuilders lain seperti Bovis Rumah dan Taylor Wimpey.

Dalam ruang telekomunikasi, CK Hutchison Holdings dan Vimpelcom sedang dalam pembicaraan dengan Iliad untuk membuat operator jaringan telekomunikasi keempat Italia, Reuters melaporkan, mengutip dua orang yang akrab dengan masalah. Saham Iliad turun sedikit.

Saham maskapai anggaran Ryanair berada di positif setelah melaporkan lalu lintas Juni naik 11 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah dengan kembalinya kekuatiran Brexit pasca ketidakpastian kondisi politik dan ekonomi di Inggris, kecuali sentimen positif terkait stimulus dan kebijakan ekonomi dan perkembangan politik di Inggris dan Uni Eropa.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here