Cadangan Devisa Korea Selatan Bulan Juni Turun $ 1 Miliar

408

Cadangan devisa Korea turun sedikit dari bulan sebelumnya pada bulan Juni karena berkurangnya nilai  dari aset non-AS, demikian data bank sentral Korea pada Selasa (05/07).

Sampai dengan akhir Juni, cadangan devisa negara membukukan hasil US $ 369.9 miliar, turun $ 1.01 miliar dari bulan sebelumnya, Bank of Korea mengatakan dalam sebuah pernyataan.

south-korea-foreign-exchange-reserves (3)

Cadangan devisa terdiri dari surat berharga dan deposito dalam mata uang luar negeri, serta posisi cadangan Dana Moneter Internasional, hak penarikan khusus dan emas batangan.

Pada penurunan bulan ini terutama disebabkan kekuatan dolar yang menurunkan nilai mata uang dolar dalam mata uang non-dolar lainnya seperti euro dan poundsterling Inggris, kata pernyataan itu.

Pada bulan Juni, satu pon kehilangan nilainya 8,0 persen terhadap dolar dan euro juga turun 0,2 persen terhadap greenback, katanya.

Bulan lalu, keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa mendorong nilai aset yang aman seperti dolar dan yen.

Posisi cadangan negara di IMF turun US $ 10 juta sampai $ 1,81 miliar bulan Juni dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kepemilikan emas batangan tetap tidak berubah pada $ 4,79 miliar pada periode yang sama, kata pernyataan itu.

Sementara itu, BOK mengatakan Korea adalah pemegang cadangan devisa terbesar ketujuh di dunia pada akhir Juni, setelah Tiongkok, Jepang, Swiss, Arab Saudi, Taiwan dan Rusia.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here