Indeks Shanghai 5 Juli Bergerak Naik Terdorong Pertumbuhan Sektor Jasa

400
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (05/07), Indeks Shanghai sempat dibuka negatif, namun saat ini terpantau naik 7,15 poin atau 0,24 persen pada 2995.75. Penguatan Indeks Shanghai terdorong hasil peningkatan aktifitas jasa Tiongkok bulan Juni.

Lihat : Bursa Shanghai 4 Juli Naik 2 Persen Terdorong Kenaikan Harga Komoditas

Indeks Shanghai sempat negatif di awal perdagangan tertekan sentimen negatif akibat pelemahan mata uang Yuan terendah 5,5 tahun.

Mata uang Yuan Tiongkok menyentuh level terendah 5,5 tahun baru terhadap dolar AS untuk sesi kedua berturut-turut pada hari Senin di tengah kekhawatiran bahwa bank sentral akan mentolerir melemahnya mata uang .

Yuan merosot pada 6,6642 segera setelah dibuka karena tekanan berat pembelian dolar di pasar.

Lihat : Mata Uang Yuan Merosot Terendah 5,5 Tahun

Namun, indeks Shanghai berbalik naik setelah rilis data Caixin Services PMI Juni naik. Aktifitas jasa Tiongkok bulan Juni membukukan hasil 52.7, naik dari konsensus analis pada 52.3 dan naik dari hasil sebelumnya pada 51.2.

Hasil ini juga berada di atas level batas 50, yang menandakan level ekspansi.

Lihat : Pertumbuhan Sektor Jasa Tiongkok Juni Meningkat Tertinggi 11 Bulan

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak positif terpicu hasil aktifitas jasa yang meningkat. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2886-2799 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3093-3196.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here