Kondisi Rupiah Jelang Lebaran Terkuat Dalam 3 Bulan

295

Mengamati pergerakan kurs Rupiah di pasar spot forex perdagangan sesi Eropa bergerak negatif setelah sempat dibuka lebih tinggi pada awal sesi Asia dari perdagangan sebelumnya. Rupiah bergerak negatif masuki sesi Eropa beberapa jam yang lalu seiring penguatan dollar AS terhadap banyak rivalnya di pasar spot. Namun posisi nilai tukar rupiah tersebut merupakan posisi terkuat sejak perdagangan awal bulan April 2016 atau terkuat dalam 3 bulan.

Kepanikan pasar keuangan global akan dampak Brexit terhadap perekonomian global bangkit kembali sehingga pelaku pasar memburu kurs safe haven seperti dollar AS dan yen Jepang. Sikap pasar tersebut merespon sikap bank sentral global yang mengkhawatirkan dampak Brexit terhadap kondisi ekonomi negaranya seperti Australia, Brasil dan negara lainnya.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,22% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13154/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13133/US$.

Sebelum libur Lebaran kurs jisdor dan transaksi antar bank ditetapkan BI menguat, dimana kurs jisdor  menguat ke  13172  dari  posisi 13180 perdagangan hari Kamis (30/06), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13238 setelah perdagangan sebelumnya 13246.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan spot esok hari   diperkirakan  dibuka negatif  oleh pergerakan  dollar AS   yang semakin kuat hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here