Pasar Valas Serbu Safe Haven, Yen Jepang 5 Juli Kalahkan Dollar AS

308

Pergerakan nilai tukar yen Jepang pada perdagangan forex sesi Eropa Selasa (5/7) kembali mencetak penguatan melawan dollar AS menuju  ke posisi tertinggi dalam 3 tahun yang dicapai pekan lalu saat Brexit mendera. Pasar keuangan global kembali panik dan khawatir akan kondisi ekonomi Inggris dan dunia merespon terjadinya Brexit.

Masuki hari kedua pekan ini terlihat respon bank sentral global terhadap Brexit kelihatan dalam kebijakan yang mereka buat seperti yang sudah dilakukan Inggris, Australia dan Brasil. Mayoritas bank sentral global takut dan berusaha mempertahankan kebijakan yang longgar, kondisi ini membuat pasar amankan portofolionya ke aset safe haven seperti dollar AS dan yen Jepang.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa  (09:20:35 GMT) menguat terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah pada  102.58 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 0,8% dan nilai pair bergulir berada pada 101,75.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam masih berpotensi melemah, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya  lanjut  turun ke kisaran  100,69-99,65. Namun jika terjadi koreksi, pair dapat naik   kembali ke kisaran 103,04-103,56.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here